Aksesories Bunga Kering nan Indah

Membuat perhiasan alami ini sangat mudah, murah, namun elegan bila dikenakan, sehingga banyak peminatnya. Bahkan bisa menjadi sebuah peluang bisnis kerajinan yang prospektif.

Bosan menggunakan aksesories branded atau perhiasan fabrikan yang di produk masal, bagi yang trampil dan suka dengan buatan tangan sendiri dengan citarasa khusus, ditantang untuk membuat aneka perhiasan dengan berbahan bunga dan daun kering.

Tren mengenakan perhiasan dengan bunga dan daun asli, itu sudah lama seusia seni budaya dan tradisi di berbagai daerah di nusantara. Hanya saja, mencari bunga asli itu sulit tidak mudah, bila si pemakai berada di daerah yang jauh dari kebun bunga atau toko bunga.

Ide membuat perhiasan dengan bunga dan daun asli yang dikeringkan, sudah lama muncul. Sebetulnya, aksesories bunga dan daun kering di luar negeri sudah cukup lama di kenal. Di Indonesia pun sudah ada perajin aksesories bunga kering pada beberapa tahun kebelakang. Sayangnya itu hanya sebatas hobby, belum serius menjadi sebuah bisnis.

Rumah produksi berabel Kembang Kamonesan mengajari pembuatan kerajinan tangan berbahan baku bunga, daun, dan rumput asli yang dikeringkan yang dapat dibuat untuk berbagai macam craft salah satunya di buat sebagai aksesories wanita.

Untuk membuat sebuah aksesories bunga kering, peralatan yang di butuhkan cukup simple. Yang wajib dan harus ada tentunya alat pengering bunga, selain itu alat yang digunakan sama dengan pembuatan aksesories pada umumnya seperti gunting, tang, ring, dan perlengkapan untuk membuat aksesories.



Cara pembuatannya, sangatlah mudah, murah, serta simple, namun pengerjaannya melalui beberapa tahapan, antara lain :
Tahap pemiilihan bunga dan daun yang akan di keringkan.
Tahap pengeringan bunga. Proses ini memakan waktu kurang lebih 1 minggu.
Tahap perlindungan. Bunga atau daun harus dilindungi dengan resin atau laminating.
Tahap aplikasi. Bunga dan daun siap diaplikasikan pada aksesories yang akan dibuat

Proses pembuatannya, pertama-tama memilih dan mencari bunga serta daun yang bakal dipakai untuk dikeringkan sebagai bahan utama perhiasan, pencarian bahan bisa dari kebun sendiri atau bisa pula membeli di tukang bunga.

Pada dasarnya, semua bunga dan daun bisa dikeringkan. Melalui praktek yang terus menerus, maka kita akan mengetahui bunga dan daun mana saja yang proses pengeringannya cepat dan yang lambat.

Dan biasanya, daun yang sering dipakai dan umum digunakan untuk aksesories, bunga dan daun mawar, bunga dan daun bougenville, bunga carnation, bunga hortensia, bunga telang, bunga nusa indah, dan bunga bungur.

Pilihlah bunga dan daun yang segar, warnanya terang, dan anatominya bagus. Selanjutnya, bunga dan daun yang sudah dibersihkan dilakukan pengeringan dengan cara di pressed, tujuannya untuk mempertahankan bentuknya supaya tidak mudah rapuh.

Tahapan berikutnya, bunga dan daun yang sudah dikeringkan bisa diaplikasikan untuk membuat aneka aksesories seperti kalung, gelang, anting, cincin, peniti kerudung, bross serta tali kacamata dan lainnya. (Adyan)

About eddy Purwanto

Check Also

Target 750 Startup Digital Tumbuh di Indonesia

Pemerintah menargetkan bisa menumbuhkan 750 wirausaha baru berbasis teknologi informasi, atau startup digital setiap tahun. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: