Home / CSR / Bank Mandiri Bangun Sarana Sanitasi

Bank Mandiri Bangun Sarana Sanitasi

Jakarta-Bank Mandiri terus berupaya merealisasikan keinginan memakmurkan negeri. Terkait hal itu, perseroan membantu pembangunan sarana sanitasi berupa fasilitas MCK di gugusan Kepulauan Wakatobi senilai Rp.662.500.000 untuk melengkapi sarana pendukung pariwisata di salah satu dari 10 destinasi wisata utama baru yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.


Rencananya, Bank Mandiri akan membangun 12 unit fasilitas MCK yang akan ditempatkan di tiga pulau, yakni Pulau Wangi-wangi sebanyak 4 unit, Pulau Tomia 4 unit dan Pulau Kalidupa 4 unit

Adapun penyerahan hibah pembangunan sarana sanitasi tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Government and Institutional Bank Mandiri, Kartini Sally kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi Muh. Ilyas Abibu dengan disaksikan Deputi Kementerian BUMN Bidang Insfrastruktur Bisnis Hambra dan Bupati Wakatobi Arhawi di kantor Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Selatan.


Menurut Kartini, pembangunan sarana sanitasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wirasatawan, baik lokal maupun internasional, sehingga kemudian memperpanjang durasi tinggal di Wakatobi.


Saat ini, sekitar 4.000 wisatawan lokal dan internasional mengunjungi Wakatobi pada setiap bulannya, terutama untuk menikmati keindahan wisata bawah laut. Pemkab Wakatobi sendiri menargetkan kunjungan hingga lebih 40.000 wisatawan pada akhir tahun ini.


“Pembangunan sarana sanitasi ini dibiayai anggaran CSR Bank Mandiri, yang mengusung salah satu prinsip utama, yakni memberdayakan masyarakat agar dapat menciptakan nilai tambah secara mandiri. Artinya, sarana sanitasi ini akan diserahkan kepada masyarakat setempat untuk dijaga dan dikelola agar dapat tetap berfungsi dengan baik,” kata Kartini. 


Kartini menambahkan, dukungan perseroan kepada pariwisata Wakatobi sebenarnya telah terlihat sejak 2013 saat Bank Mandiri bersama British Council menggelar program community development di bidang pariwisata untuk desa Mola yang berada di pulau Wangi-wangi. Melalui program tersebut Bank Mandiri memberikan bantuan fisik dan non fisik yang ditujukan untuk pengembangan potensi pariwisata khususnya di wilayah desa Mola. 


Dalam setiap aktivitas CSR perseroan, Kartini melanjutkan, perseroan telah menetapkan tiga pilar utama yang menjadi landasan kegiatan. Pertama, pembentukan komunitas mandiri melalui pelaksanaan program Mandiri Bersama Mandiri yang bertujuan untuk membina kelompok masyarakat/ komunitas secara terintegrasi dalam hal kapasitas, infrastruktur, kapabilitas dan akses.


Kemudian, Program Kemandirian Edukasi dan Kewirausahaan yang dicapai dengan melaksanakan program Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Peduli Pendidikan dengan tujuan untuk menciptakan pemimpin di masa depan yang siap dengan persaingan global. 


Sedangkan pilar terakhir adalah program Financial Literacy yaitu kegiatan edukasi agar masyarakat mampu menyusun perencanaan keuangan pribadi dan keluarga. Selain tiga pilar strategis tersebut, kami juga menyalurkan bantuan di bidang kesehatan, penanganan korban bencana alam, sarana umum, sarana ibadah dan pelestarian alam.

About Achmad Ichsan

Check Also

LIONS PEDULI PENGLIHATAN

Lions Clubs International telah menetapkan bulan Oktober, setiap tahunnya, menjadi agenda reguler dalam menunjukkan Kepedulian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: