Home / Cover Story / Bank Mandiri Salurkan KUR Sebesar Rp25 triliun

Bank Mandiri Salurkan KUR Sebesar Rp25 triliun

Pada Tahun 2019 ini, PT Bank Mandiri (Persero) berencana akan menaikkan target alokasi dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada sektor produktif menjadi 60 persen. Angka tersebut, meningkat dibanding target tahun 2018 yang sebesar 50 persen.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang mengatakan, rencana kenaikan alokasi dana ini sedang dalam pembahasan jadi belum diputuskan. Pernyataan tersebut, ia sampaikan saat melakukan Rapat Koordinasi (rakor) dengan Menteri Koordinator Perekonomian di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Donsuwan menambahkan, rakor ini merupakan pengingat bagi bank maupun kementerian terkait dengan adanya KUR khusus peternakan yang harus dimanfaatkan. KUR khusus peternakan ini telah ada sejak 2018 berupa pemberian kredit untuk biaya hidup peternak dan biaya untuk sapinya.



Menurut Donsuwan, bank sebagai sektor pendukung sektor riil selama ini memfokuskan KUR pada sektor produktif dan perdagangan. Sektor produktif secara mikro adalah pertanian, perikanan dan peternakan.
Lebih lanjut Donsuwan menjelaskan, hingga akhir Desember 2018 lalu, realisasi serapan KUR Bank Mandiri sebesar Rp17,5 triliun. Alokasi KUR Bank Mandiri ke sektor produksi mencapai Rp9,82 triliun atau 55,9 persen. “Jadi kita bisa memenuhi harapan si pembuat kebijakan,” kata dia. Sementara untuk alokasi penyaluran KUR tahun 2019, rencananya sebesar Rp 25 triliun.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti yang juga hadir dalam rakor tersebut menegaskan jika rakor dilakukan untuk membahas upaya-upaya pemerintah membantu para peternak.

Sebagaimana diketahui, Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKMK yang feasible tapi belum bankable. KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan

About eddy Purwanto

Check Also

Kerjasama Antar Lembaga Penting Bagi Kemajuan ASEPHI

Sebagai wadah perajin dan pengusaha produk kratif kerajinan Indonesia, maka sudah saatnya ASEPHI bekerja lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: