Bekomitmen Membina dan Memajukan Perajin Jakarta

Tidak hanya para desainer saja yang siap memamerkan koleksi terbarunya, Fery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI tampak tampil modis saat opening ceremony Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di JCC, beberapa waktu lalu. 

Istri Gubernur DKI Jakarta ini, terlihat tampak anggun dengan balutan two piece berbahan visco yang terdiri dari long skirt, long outer bernuansa earthone dan blouse berwarna hitam. Untuk menyempurnakan penampilan, ia juga mengenakan hijab square berwarna senada serta black kitten high sandals.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta ini mengungkapkan, setiap busana yang ia kenakan tidak dipilih berdasarkan merek atau harga, melainkan kenyamanan. Penggunaan clutch kayu membuat penampilannya makin stylish dan feminin. “Ini dibuat oleh perajin yang ada di rusun Marunda dan Rawa Bebek,” tambah Fery Farhati seraya menunjukkan tas kecil yang dipegangnya.  Berikut ini, petikan wawancara Inacraft News dengan Ketua Dekranasda DKI di sela-sela acara MUFFEST 2020 di Jakarta.

 

Bagaimana pandangan Ibu tentang fashion di Indonesia?

Indonesia mempunyai mimpi besar akan perkembangan industri mode yakni ingin menjadi pusat fashion dunia. Dengan keberadaan MUFFEST 2020, akan menjembatani desainer-desainer muda dalam memperkenalkan karya terbaiknya ke dunia luar.

 

Bagaimana komitmen Dekranasda DKI terhadap para perajin?



Dekranasda DKI sangat berkomitmen membina dan memajukan para perajin Jakarta melalui berbagai kegiatan termasuki kegiatan fashion. Dekranasda DKI Jakarta, merupakan wadah pengembangan produk kerajinan unggulan yang berkualitas sebagai ikon Kota Jakarta. Untuk itu, kami mengajak para perajin serta pengusaha untuk bergabung di dalam komunitas dibawah bimbingan kami dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

Apa saja kegiatan yang sudah dilakukan Dekranasda DKI?

Sudah banyak kegiatan yang dilakukan Dekranasda DKI dalam membantu kemajuan para perajin di Jakarta, antara lain, pagelaran Pesona Produk Kreatif Dekranas Kota Jakarta Timur. Tercatat ada 24 perajin binaan Dekranasda Kota Jakarta Timur yang menjadi peserta pengembangan kewirausahaan terpadu yang menampilkan berbagai produk berupa fashionhandycraft (kerajinan tangan), aksesoris, tas dan sepatu dalam acara tersebut.

Kami, mengapresiasi atas gelaran Pesona Produk Kreatif Dekranas Kota Jakarta Timur. Pasalnya, melalui kerjasama yang terjalin merupakan upaya Pemprov DKI dalam menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa dengan mendorong semangat berwirausaha, mempromosikan produk hasil kerajinan. Ini sangat positif, dengan adanya kerjasama yang terjalin baik sehingga para perajin kreatif mampu mempromosikan berbagai hasil produk usahanya dengan nilai ekonomis.

 

Bagaimana perkembangan industri kerajinan di Jakarta?

Industri kreatif khususnya kerajinan di Kota Jakarta kini sudah berkembang dengan sangat cepat, baik dalam skala mikro kecil hingga menengah. Kebudayaan dan kerajinan lokal di Jakarta yang sangat variatif, patut diperhatikan sebagai identitas nasional. Yang kita harapkan itu, adanya peningkatan daya saing produk kebudayaan Jakarta dengan daerah lain, sehingga produk kerajinan kita jadi produk yang diminati dan memiliki daya saing.

About Auliya Mustar

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: