20353309 - bromo vocalno at sunrise, east java, , indonesia

Berjuta Sensasi Wisata ke Bromo

Berwisata ke Gunung Bromo dapat menikmati aneka pesona keindahan alam pegunungan taman nasional sekaligus menikmati upacara adat dan pertunjukan seni.

Bila ingin menikmati aneka sensasi wisata Gunung Bromo, berkunjunglah pada awal atau akhir Juli 2019. Selain bisa menikmati pesona keindahan panorama alam Pegunungan Bromo, para pengunjung bisa merasakan ketakjuban gelar acara adat Suku Tengger yang kerap dijuluki Kasodo.

Sedangkan bagi mereka penggemar buaian irama music Jazz, pada akhir Juli juga diselenggaraan festival dan konser musik genre Jazz mengusung nama Jazz Gunung Bromo 2019.
Alunan musik dan merdunya tembang lagu Jazz diiringi para musisi Jazz kawakan bakal menghangatkan suasana dinginnya wisata Gunung Bromo. Lokasi dan Venue Jazz Gunung akan digelar di panggung terbuka theater di hotel Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura Probolinggo.

Selain menikmati festival jazz, wisatawan bisa berlibur di tempat wisata Gunung Bromo, dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya dari gunung Penanjakan, pesona hamparan lautan Pasir Berbisik, view padang rumput hijau Savana dan Bukit Teletuibies dan adventure menaiki 250 anak tangga untuk menuju puncak Kawah Bromo.

Upacara Kasada Bromo
Bila ingin berlama-lama menikmati aneka pesona pemandangan alam Gunung Bromo, wisatawan juga dapat menyaksikan Upacara Adat Suku Tengger di Gunung Bromo. Upacara Adat Suku Tengger merupakan salah satunya yang menjadi daya tarik bagi wisarawan.

Suku Tengger di Gunung Bromo merupakan suku tua di Pulau. Jawa, yang merupakan penduduk asli di kawasan  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Mereka tinggal di salah satu taman nasional yang terbaik di miliki Indonesia yang terletak di Propinsi Jawa Timur.

Suku Tengger, mempunyai berbagai macam ritual adat. Salah satunya, upacara adat yang terkenal adalah Upacara Yadya Kasada, upacara ceremonial dari rakyat Tengger untuk persembahan kepada Tuhan yang di tuangkan dalam upacara di Gunung Bromo.

Lokasi tepatnya upacara ini terletak di Pura Luhur Poten, maka upacara ini sungguh sangat hidmat. Masyarakat sekitar Bromo familiar dengan menyebut istilah Kasodoan, kasadan atau hari raya kasodoan.



Keunikan dari Upacara Adat Suku Tengger Kasada adalah ritual pelemparan berbagai hasil bumi yang berupa sayuran, buah buahan, atau hewan ternak ayam atau kambing  atau sapi yang di lemparkan ke mulut kawah Bromo.

Pesona Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah Taman Nasional di Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman nasional ini ditetapkan sejak tahun 1982, dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.

Taman nasional ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun antara lain cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka.

Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di taman nasional ini antara lain luwak (Paradoxurus hermaphroditus), rusa (Rusa timorensis), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak), ayam hutan merah (Gallus gallus), macan tutul (Panthera pardus melas), ajag (Cuon alpinus javanicus); dan berbagai jenis burung seperti alap-alap (Accipiter virgatus),rangkong (Buceros rhinoceros silvestris), elang ular bido (Spilornis cheela bido), srigunting hitam (Dicrurus macrocercus), elang bondol (Haliastur indus), dan belibis yang hidup di Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu yang wajib dijelajahi minimal sekali dalam hidupmu. TNBTS berdiri di wilayah empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Kawasan taman nasional ini menjadi kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur.

Sebagai obyek wisata TNBTS mampu menyedot perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia, di sini terdapat berbagai macam obyek wisata menarik bagi wisatawan yang suka tantangan dan petualangan.

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo kerap menjadi destinasi buruan para wisatawan yang berada di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 mdpl dan memiliki konstruksi tubuh yang bersinggungan di antara lembah dan ngarai lalu dikelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektare. (Achmad Ichsan)

About eddy Purwanto

Check Also

Peluang Ekspor Produk Furniture Indonesia

Industri furnitur masih menjadi salah satu andalan dalam mendukung perekonomian nasional. Industri ini mampu menyerap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: