Bersinarnya Bisnis Kerajinan Kaca

Banyak cara yang dapat dipilih untuk mempercantik isi rumah agar tidak membosankan dan membuat nyaman. Ada yang memilih mengecat ruang rumah dengan aneka warna, ada yang menekankan pemilihan mebel atau furniture dengan model-model khusus, ada juga yang mendekor atau menghias rumahnya dengan aneka pernak-pernik atau peralatan rumah tangga dengan bahan dasar tertentu seperti dari elemen kayu, bambu, rotan, besi, dan kaca.

Pemilihan elemen kaca sebagai bahan dasar pembuatan aneka kerajinan untuk menghias rumah merupakan pilihan yang tepat. Karena bisa dikreasikan menjadi berbagai produk kerajinan yang tepat untuk hiasan rumah.

Salah satu perajin kaca adalah rumah produksi Aneka Karya Glass yang telah menghasilkan beragam produk dan aneka pernak-pernik, aksesoris serta peralatan rumah tangga yang cantik yang bisa menghias rumah.

Yusroni Akhmad Syarial selaku pemilik brand Aneka Karya Glass, menuturkan, banyak menghasilkan aneka pernak-pernik, aksesoris serta peralatan rumah tangga yang cantik yang dapat untuk digunakan menghias rumah. Seperti mirror carving, lampu dekoratif, jewelry box, lentera, Glass Arts & Crafts Subdivisi Glass Accessories, Glass Christmas Gifts, Glass Fruit Series, Glass Flower Series, Glass Animal Series, Glass Candy Series, Glass Bar Series, Glass Vase, Glass Beads, Glass Candle Holder, dan Glass Drawing Parts.



Menurut Yusroni, awal mula usahanya hanya untuk mengisi waktu luang saja, namun dalam perkembangannya banyak yang tertarik dengan produk kerajinan miliknya. “Dari tahun ke tahun permintaan selalu meningkat, dan kini telah mampu memasarkan produk kerajinan kaca ke seluruh daerah dan pasar mancanegara,” ucapnya.

Kini, ia telah memiliki galleri dan rumah industry dengan memperkerjakan 10 perajin yang beralamat di Jl. Pabelan II No. 36 RT.01/02, Pabelan Kartosuro, Sukoharjo, Solo, Dusun I, Kartasura, Jawa Tengah.

Yusroni menjelaskan dalam proses pembuatannya, kaca akan dibakar dengan suhu yang sangat tinggi hingga meleleh kemudian dicetak atau dibentuk atau didesign sesuai model yang telah ditentukan. Penggabungan beberapa lembar kaca dengan aneka warna akan memberikan hasil efek 3 dimensi yang cantik. Metode yang dipakai, dengan cara menumpuk beberapa lembar kaca dengan warna yang berbeda, dibakar dengan suhu tinggi hingga meleleh, bila telah menyatu sesuai bentuk yang diinginkan maka suhu akan diturunkan dan didinginkan secara perlahan hingga suhu normal.

Dengan tetap mempertahankan teknik pengukiran kaca dengan pola semprot memakai alat Spray Gun, setiap produk Yusroni harus melewati proses pengecatan. Diantaranya cat anti gores, pelapisan anti gores, pewarna dasar, pewarnaan, lapisan pewarnaan, finishing. Dan hasil akhirnya, akan menjadi sebuah produk yang sangat indah.  [Agus Sukmadi]

About Auliya Mustar

Check Also

Bunga Sakura dari Kertas Krep

Bunga sakura merupakan bunga khas negara Jepang. Untuk membuat bunga sakura dari kertas krep cukup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: