Home / How to Do / Boneka Cantik dan Unik Negeri Sakura

Boneka Cantik dan Unik Negeri Sakura

Jakarta-Hina Matsuri adalah Boneka Mungil dan Cantik yang terbuat dari kayu khas Jepang ternyata di produksi di Bandung. Cara buatnya ternyata sangat sederhana, tapi oleh perajin terampil dibuat menjadi kerajinan yang  memukau.

Adalah Ceppy Setiawan (62 tahun), pria paruh baya mantan karyawan perusahaan BUMN, PT Telkom, yang menggeluti produk kerajinan tangan Boneka Jepang Kayu (Hina Matsuri).  Pria  terampil ini, memproduksi berbagai produk kerajinan kayu, mulai dari alat dapur, kursi meja (furniture) sampai boneka wayang.

Awal mulanya, Ceppy melakukan eksperimen pada tahun 1998 dengan membuat model contoh Boneka Kayu Jepang dari limbah peti kemas yang mudah di dapat di Bandung. Kini pria baya itu, telah membuat ratusan macam boneka Jepang Kayu.

Cara membuatnya mudah, kayu di bubut bentuk lonjong dan bulat, di amplas sampai halus. Selanjutnya, bagian permukaan sabungan dibuat datar pada kepalanya dan badannya,  kemudian di Iem menggunakan lem kayu. Selanjutnya, boneka yang masih polos itu di cat menggunakan cat tembok, kemudian di varnish.

Pekerjaan yang paling rumit, adalah melukis boneka dan memberi asesoris. Karena dibutuhkan ketrampilan khusus, mulai dari melukis wajah, rabut, dan baju yang dikenakan dan menempelkan berbagai asesoris.

Keunikan dan keindahan Boneka Kayu Jepang, sangat dipengaruhi oleh kontras warna cat yang digunakan. Boneka Kayu Jepang dapat dibuat dalam berbagai ukuran, kecil, sedang dan agak besar. Tergantung pemanfaatannya sebagai kerajinan, bisa berupa gantungan kunci, hiasan meja/ lemari, atau hiasan dinding.

Bisa berupa pajangan lepas, dengan gantungan, diberi kotak, atau bahkan  bisa pula diberi bingkai, Ada aneka macam Boneka Kayu Jepang dari model anak-anak yang lucu, sampai boneka kayu dewasa yang  mengenakan pakaian khas budaya Negeri Sakura  Kimono. Boneka Jepang Kayu buatan Ceppi, dibandrol dengan harga mulai dari Rp10.000-Rp400.000.

Pengakuan Ceppi, produk kerajinan nya itu sudah di pasarkan di dalam negeri seperti di pameran-pameran, hotel, departemen store, gerai kerajinan. Dan juga ke mancanegara, seperti ke India, ke Jepang dan berbagai negara lain. Acapkali Ceppy kebanjiran order, karena ada pesanan sampai ribuan buah untuk souvenir.  (Adyan) rit

About Achmad Ichsan

Check Also

Menyulap Limbah Botol Kaca Menjadi Karya Seni

Beragam jenis botol beling banyak terdapat di sekitar kita. Botol-botol tersebut, dianggap sebagai sampah atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: