Bunga Sakura dari Kertas Krep

Bunga sakura merupakan bunga khas negara Jepang. Untuk membuat bunga sakura dari kertas krep cukup rumit, pasalnya bunga ini tidak hanya memiliki satu tangkai saja. Dalam satu tangkai bisanya terdapat banyak ranting dan bunga di dalamnya.

 

Untuk membuatnya tangkainya bisa menggunakan kawat kemudian dililit kertas atau benang agar mirip dengan ranting asli. Tetapi jika tidak mau repot, bisa menggunakan ranting yang sudah kering dan di awetkan. Selain itu siapkan kertas krep dengan 3 warna yang berbeda yakni kuning, merah muda dan hijau tua. Setelah kedua bahan di atas siap untuk membuat bunga kertas bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Langkah Membuat Bunga Sakura dari Kertas

Gunting kertas krep warna hijau dan kuning dengan ukuran 1 x 10 cm, kemudian kertas warna merah muda dengan ukuran 5 x 10 cm. Selanjutnya lipat kertas krep warna pink kemudian potong menjadi lima bagian dengan bentuk memanjang dan lonjong seperti bentuk kelopak bunga sakura. Hasil dari pemotongan di atas akan menghasilkan 5 bagian kelopak yang masing-masing ada 2 tumpuk kelopak.

 



Selanjutnya adalah, membuat putik bunga dengan kertas krep warna kuning. Buat lipatan kertas krep warna kuning agak panjang sehingga memudahkan untuk menempelkan kelopak pada ranting. Setelah putik bunga jadi, tempelkan satu per satu kelopak bunga pada putik sampai membentuk seperti mahkota. Tutup bagian putik dengan kertas krep warna hijau agar terkesan seperti sebuah tangkai bunga asli. Ulangi langkah di atas untuk membuat bunga sakura pada ranting yang lain. Ulangi langkah tersebut sampai semua ranting terisi dengan bunga yang indah.

 

Agar bunga yang dibuat terlihat seperti pohon asli, bisa membuat beberapa kuncup bunga sakura. Buatlah bulatan dari kertas krep warna merah muda, kemudian lapisi dengan 3 kelopak bunga, dan buat lapisan pada bagian bawahnya dengan kertas krep warna hijau.

 

Setelah bunga sakura dan bunga kuncup yang dibuat dirasa cukup, saatnya untuk menyusun bunga-bunga tersebut. Tempelkan bunga dan kuncup bunga yang telah dibuat pada ranting secara hati-hati. Untuk merekatkannya bisa menggunakan lem.

 

Tempelkan secara merata pada ranting agar ranting tersebut dipenuhi dengan bunga. Untuk pelengkap tempelkan juga kuncup bunga yang sudah dibuat pada bagian ranting yang belum terisi bunga. Setelah selesai bisa menancapkan ranting pada pot atau media lain. [Agus Sukmadi]

About Auliya Mustar

Check Also

Bersinarnya Bisnis Kerajinan Kaca

Banyak cara yang dapat dipilih untuk mempercantik isi rumah agar tidak membosankan dan membuat nyaman. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: