Home / How to Do / Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Kardus Bekas

Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Kardus Bekas

Beberapa orang tidak bisa tidur dengan lampu dimatikan atau ada yang bisa tidur dalam keadaan gelap namun harus dibantu dengan lampu tidur. Sering kita jumpai permasalahan seperti ini, sebetulnya tidur yang efektif adalah tidur dalam kondisi gelap sehingga hormon melation dan aktivitas organ tubuh lainnya dapat bekerja dengan normal.

Kali ini Inacraft Magazine akan membantu sahabat InaMagz yang kesulitan tidur karena terlalu gelap, yaitu dengan menggunakan lampu tidur. Tidak perlu membeli, karena sahabat InaMagz bisa membuat lampu tidur sendiri dengan menggunakan kardus bekas. Caranya sangat mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah di temukan.

Kardus bekas ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat lampu tidur yang unik dan lucu.

Bahan-bahan yang di butuhkan :
Kardus kotak bekas yang berbentuk kubus persegi empat.
Spidol hitam atau sesuai dengan keinginan.
Lem tembak/glue gun, atau bisa gunakan lem kertas biasa.
Lakban, Gunting, Cutter, Penggaris, dan Pensil.
Kertas HVS.
Kertas Berwarna sesuai dengan keinginan untuk melapisi sisi luar kardus.
Kabel, Lampu LED kecil, Jack/colokan listrik, dan dudukan untuk lampunya.

Langkah-langkah pembuatan :
Gunting bagian penutup atas pada kardus bekas. Buatlah garis pola dengan ukuran 1 cm, lalu potong dari pinggir kardus. Potong mengikuti pola sampai ke enam sisi terpotong seperti gambar.

Lapisi semua sisinya dengan kertas berwarna dengan warna yang diinginkan. Lalu buat pola di kertas sisa potongan kardus seperti gambar, potong sedikit agar bisa ditekuk. Balurkan lem pada tiap sudut, jepit dengan paper clip agar berbentuk kotak atau kubus, ukur kardus lampu ke kaki kotak dan buat tanda.



Selanjutnya, buat penahanan box lampu agar tidak lepas seperti gambar, untuk ditempelkan di kotak kaki. Ikat pakai lakban penahan kardusnya, kemudian rekatkan sesuai dengan pola.

Potong kertas HVS putih sesuai dengan ukuran kubus agar bisa masuk ke dalam kotak lampu, jika sudah dipotong gambarlah kertas HVS sesuai dengan kreasi, kemudian lem bagian dalam kotak dan rekatkan HVS di bagian dalam.

Tutup semua sisi dengan HVS kecuali bagian bawah tempat untuk meletakkan lampu, siapkan rangkaian lampu dan dudukannya, lalu buat pola di tengah kaki kotak, buat lingkaran kecil didalamnya seperti pada gambar.

Potonglah lingkaran kecil di tengah, kemudian tempelkan kaki lampu dengan kertas warna sesuai kreasi. Jika sudah, masukkan kabel dan beri sedikit celah untuk memasukan kabel, gunakan glue gun atau lem tembak untuk menempelkan dudukan lampu di kaki kotak.

Rekatkan dudukan lampu, pastikan kabel aman jika tertarik-tarik, pasang lampu dengan warna cahaya yang diinginkan beserta tutup kotak lampu atas. Kemudian, test lampu di tempat gelap, dan lampu tidur unik sudah bisa digunakan.

Yang perlu sahabat perhatikan dalam membuat lampu tidur ini yaitu, jangan menggunakan bola lampu yang cepat panas karena bisa membahayakan. Pada tips kali ini, di sarankan untuk menggunakan lampu LED, karena lampu LED selain tidak panas juga bisa menghemat energi.

Mudah bukan? Jadi, untuk sahabat InaMagz yang tidak suka tidur dalam keadaan gelap sekarang sudah bisa teratasi dengan menggunakan lampu tidur unik ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Ade Fitri)

About eddy Purwanto

Check Also

Percantik Rumah Dengan Talenan Hias

Talenan hias menjadi inspirasi untuk melengkapi kekosongan dinding atau pintu di rumah. Talenan hias adalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: