71230500 - room for learning the letter a has designed a bookshelf. 3d render and iilustration.

Dekorasi Tipografi, Hidupkan Ruang

Tipografi kini menjadi salah satu tren dekorasi yang bisa digunakan pada dinding rumah Anda. Dengan dekorasi tipografi, ruangan menjadi unik, bermakna, dan bernuansa baru.

Tipografi merupakan seni rangkaian kata yang belakangan ini sangat populer. Banyak penginapan, kafe, dan tempat nongkrong anak muda yang menggunakan dekorasi tipografi. Bahkan, kini tipografi juga menjadi pilihan dekorasi ruang tempat tinggal yang mencerminkan ekspresi si penghuni.

Tipografi bisa digunakan pada rumah berkonsep monokrom. Salah satu sisi dinding rumah Anda dapat digunakan untuk tipografi dengan warna hitam, abu-abu, atau putih. Cat salah satu dinding dengan warna pilihan tersebut. Tulisan quote dengan bingkai hitam atau putih menjadi sangat menarik setelah digantung di salah satu sudut dinding tersebut.

Untuk rumah bergaya industrial, tulisan dapat diaplikasikan pada bagian dinding bata ekspos. Pada dinding bata ini, Anda bisa menuliskannya langsung dengan kuas cat. Anda juga bisa menggunakan quote dalam bingkai, kemudian digantung pada dinding bata ekspos. Tipografi semacam ini mampu membuat ruangan menjadi lebih unik, atraktif, dan sangat menarik.

Salah satu alternatif dekorasi tipografi yang juga sangat menarik ialah mengkreasi salah satu sudut dinding rumah menjadi papan tulis. Cat salah satu dinding di rumah Anda dengan warna hitam, kemudian tuliskan apa saja dengan menggunakan kapur putih atau warna kapur lain yang disesuaikan dengan suasana ruangan.

Tipografi dan memorabilia

Tipografi dan memorabilia adalah menggabungkan seni tipografi dengan beberapa foto keluarga. Menggantungkan foto-foto dan tulisan berbingkai yang cantik akan membuat ruangan di rumah Anda menjadi sangat menarik. Pilihlah foto keluarga yang terbaik, seperti foto kegiatan liburan, kelulusan, atau lainnya. Untuk tipografi, perlu disesuaikan dengan foto yang akan dipajang di dinding.

Tipografi dan memorabilia bisa digunakan untuk dekorasi ruang tamu atau ruang keluarga, karena akan memberikan kesan hangat dan menyenangkan. Kreativitas penghuni dalam memilih foto keluarga dan tulisan tipografi yang sesuai akan menjadikan ruang keluarga lebih bermakna.

Pilihan Tampilan Desain Tipografi



Jika dekorasi dinding dengan tulisan perlu dikembangkan agar lebih menarik, maka bisa digunakan angka. Beragam angka dapat dibuat di kertas warna-warni yang bertekstur tebal, kemudian gantungkan atau tempel di dinding ruang makan. Sebaiknya jangan samakan ukuran setiap angka, bedakan menjadi beberapa ukuran agar tidak monoton.

Apabila Anda bosan dengan angka, percantik dinding dengan huruf. Ornamen untuk dinding ini tersedia di toko perlengkapan furnitur dan perabotan rumah lainnya. Ada yang terbuat dari kayu, karton tebal, hingga akrilik. Huruf-huruf berukuran besar ini akan membuat dinding rumah menjadi jauh dari kesan sepi dan tak menarik.

Jika ingin menjadikan rumah seindah kayu, gaya tipografi menggunakan dinding papan tulis bisa dicoba. Di dinding tersebut, bisa dibuat gambar atau tulisan sesuka hati sesuai keinginan penghuni rumah.

Jika tidak ingin repot, kini tersedia wallpaper yang menyediakan tipografi berupa kata-kata penyemangat. Tempelkan pada salah satu dinding rumah, dan biarkan penghuni rumah menjadi lebih termotivasi setiap kali melihatnya. Dekorasi tanpa banyak biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis.

Penerapan Tipografi dalam Hunian
Beberapa literatur menyebutkan, ada banyak cara untuk mengekspresikan tipografi di dinding rumah. Pertama, aksara “kapur”. Salah satu cara mudah untuk meletakkan aksen tipografi ialah mengaplikasikan cat blackboard ke satu dinding rumah, lalu menuliskan aksara yang mengandung makna dengan material kapur tulis. Kelebihannya, tulisan tersebut bisa dihapus jika penghuni rumah sudah bosan dengan tulisan tersebut.

Kedua, huruf stensil. Jika ingin menerapkan huruf-huruf ke dalam furnitur atau dinding rumah, Anda bisa menggunakan teknik stensil. Ambil karton tebal, gunting, penggaris, dan cat sesuai dengan media yang akan digunakan. Buat mal atau cetakan huruf terlebih dahulu dengan ukuran dan tulisan sesuai keinginan. Lalu, tempel mal tersebut dengan isolasi kertas. Oleskan cat ke dalam rongga-rongga kosong di dalam mal tersebut. Anda juga bisa menggunakan cat semprot untuk pengerjaan yang lebih mudah dan hasil lebih merata.

Ketiga, bantal tulisan. Beberapa produk aksesori interior di pasaran sudah mulai mengadaptasi teknik tipografi, di antaranya bantal duduk atau bantal kursi. Pilih tulisan singkat dan sederhana, tetapi disesuaikan dengan warna permukaan bantalnya atau keinginan si pemilik rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan
Dalam menerapkan rangkaian huruf dekorasi tipografi ke dalam ruang hunian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jika mengutip kalimat inspiratif dari tokoh besar dalam bahasa asing, sebaiknya ketahui dulu artinya. Tidak seharusnya ruangan hunian dipenuhi oleh kata mutiara yang bertolak belakang dengan karakter si penghuni.

Kedua, perhatikan jarak antara satu huruf ke huruf lainnya, agar enak dibaca. Ketiga, perlu diserasikan dan disesuaikan dengan bidang permukaan yang polos, karena rangkaian kalimat saja sudah membuat ruangan penuh. Keempat, pilih warna terang untuk aksen dekoratif huruf tersebut, agar terlihat kontras dengan interior di sekelilingnya. (Ahmad Jauhari)

About eddy Purwanto

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: