Home / How to Do / Gantungan Kunci dari Serangga

Gantungan Kunci dari Serangga

Gantungan Kunci merupakan kerajinan khas setiap daerah wisata yang benyak diminat para wisatawan karena murah, unik, cocok buat oleh-oleh, atau cenderamata. Cara buatnya pun mudah, dan bisa menjadi peluang bisnis kerajinan yang bagus.

Ternyata ganatungan kunci, bisa dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kayu, kain, plastik, logam, acrylic dan bahkan sampai fiber yang banyak di buat dengan aneka hiasan di dalamnya ada huruf, ada boneka, ada bunga. Ada pula, serangga yang telah diawetkan.

Untuk mengawetkan serangga untuk bahan kerajinan tangan dalam jumlah besar harus mendapat izin dari Kementerian Kehutanan. Sedangkan cara membuatnya tidak sesulit mengawetkan serangga agar tidak rusak dengan warna tetap seperti hidup.
Barikut ini, cara membuat gantungan kunci kupu-kupu asli yang di kemas dengan resin (fiber) cair :
A. Bahan Baku

-resing (fiber cair)
-katalis (pengerin fiber)
-cetakan kertas atau mika
-lem fox putih
-gelas popice
-sumpit (pengaduk)
-kaca 5mm
-isolasi benung
-kupu-kupu
-pewarna sablon baju merek sangkyo
-serbuk gliter
-gerinda duduk 8 inc
-gunting
-amplas no:50,220,500,1500
-kain poles jins
-batu hijo kinik
-bor
-mata bor 1,5mm
-gantungan
-plastik kemasan

B. Proses Pembuatan Gantungan Kunci



Pertama, kita buat cetakan kertas karton berbentuk oval lalu kedua ujung kertas karton kita kita isolatif dan kita lem kekaca menggunakan lem fox  setelah wadah (cetakan) selesai.

Kedua, kita tuang resing (fiber) kedalam gelas plastik lalu tuang katalis (pengerin resing) tambah pewarna dan serbuk gliter aduk rata hingga bening catatan dalam mengaduk jangan sampai menghasilkan kelembung udara karena dapat merusak hasil jadi pada gantungan kunci.

Ketiga, setelah resin teraduk rata tuang kewadah (cetakan) sedikit sebagai dasar tunggu hingga resing yang kita tuang agak mengental lalu kita letakan kupu-kupunya yang telah diawetkan diatas permukaan resin

Keempat, setelah itu tuang lagi resin dan katalis (pengering) aduk hingga rata setelah teraduk rata tuang kewadah tersebut tadi tunggu hingga mengeras, setelah keras angkat dari kaca tersebut.

Kelima, merapikan mengunakan gerinda duduk, gunting amplas no:50 berbentuk lingkaran sebesar batu gerinda lalu bentuk mainan kunci tersebut sehingga rapi (sesuai yang anda inginkan ) setelah itu ganti ampas anda dengan no:220 rapikan lagi lalu ganti amplas anda dengan amplas no:50 untuk proses penghalusan lalu ganti amplas no1500 untuk proses penghalusan setelah selesai cuci dengan air bersih lalu keringkan.

Keenam, setelah kering mainan kunci tersebut, lalu  pasang mata gerinda kain poles jins kegerinda lalu oleskan batu hijo kekain poles tersebut gosok mainan kunci kekain poles sampai mengkilap (kinclong) pasang gantungannya jadilah gantungan kunci yang anda inginkan. (Adyan Soeseno)

About eddy Purwanto

Check Also

Percantik Rumah Dengan Talenan Hias

Talenan hias menjadi inspirasi untuk melengkapi kekosongan dinding atau pintu di rumah. Talenan hias adalah …

One comment

  1. Halo,. salam kenal, kami ikut promo yaa..
    kami Mug Bandung (http://www.buatmug.com) jual aneka mug murah, bahan mug, kardus mug, serta kertas Inject.
    lokasi kami ada Jl. Gagak I No. 19 Surapati ( SUCI ) Bandung WA.081320620692
    email : proprint_pinboo@yahoo.com
    terimaksih ……..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: