Hadirkan 57 Peserta dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Mebel di Pasar Global

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo, menyelenggarakan perhelatan IFEX Virtual Showroom yang telah diselenggarakan mulai 20 September hingga 20 Oktober 2021. Pameran virtual ini menampilkan showroom dari para peserta secara riil dengan menggunakan kamera 360 derajat untuk menampilkan produk dari para peserta IFEX melalui platform https://ifexindonesia.com/virtual-showroom. Platform ini memfasilitasi peserta pameran dengan pengunjung agar dapat berinteraksi dan bertransaksi meskipun di tengah pandemi selama 24/7.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang resmi membuka perhelatan IFEX Virtual Showroom pada 20 September 2021 lalu, menyambut baik atas diselenggarakannya IFEX Virtual Showroom ini. Menurutnya, forum seperti ini merupakan arena strategis bagi para produsen mebel dan kerajinan dari hulu sampai hilir. “Saya berpesan kepada para pelaku industri mebel Indonesia agar bisa meningkatkan daya saingnya di pasar global. Daya saing industri mebel bukan hanya dari produknya, tetapi juga nilai yang dipegang teguh mulai dari proses produksi,” tutur Jokowi.

Kemudahan dalam mengakses IFEX Virtual Showroom yang dapat diakses secara global, dapat mengakomodir buyers mancanegara yang menunjukkan ketertarikannya terhadap produk mebel (furniture) dan kerajinan Indonesia. Hal ini terlihat pada data bahwa IFEX Virtual Showroom 2021 tidak hanya dikunjungi oleh buyers asal Indonesia namun juga dari mancanegara seperti India, Amerika, Vietnam, Belanda, Tiongkok, Jerman, Singapura, Filipina, Australia, dan Perancis yang menjadi negara ‘Top 10 active buyers’ pada dua minggu awal perhelatan ini. Selain negara dengan buyers aktif terbanyak, tidak sedikit juga pengunjung baru yang berasal dari Kanada, Spanyol, dan juga Hongkong.

IFEX Virtual Showroom 2021 juga menghadirkan 57 peserta pameran. Salah satunya PT Formula One Indonesia yang merupakan toko mebel yang terletak di Demak, Jawa Tengah dan didirikan sejak tahun 1999. Perusahaan ini memproduksi mebel, rumah kayu, seni dan kerajinan tangan, batu, tembaga dan bahan lainnya. PT Formula One Indonesia juga mengekspor berbagai macam produk mebel dan kerajinan untuk hotel, perumahan, restoran, apartemen, kantor, dan lain-lain. Perusahaan ini didukung oleh seorang insinyur dari Eropa dan para profesional lokal untuk untuk merancang, memanfaatkan dan mengadaptasi mesin dalam menghasilkan produk serta mendukung kemampuan tim desain agar dapat memproduksi desain model yang unik. Beberapa model mebel dari PT Formula One Indonesia menggunakan format knock down yang memudahkan pengiriman produk mebel ke mancanegara.

PT Laras Indah Karya juga menjadi salah satu peserta pameran yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. PT Laras Indah Karya merupakan perusahaan desain interior dan mebel yang didirikan pada tahun 2012. PT Laras Indah Karya memiliki berbagai produk mebel unik yang terbuat dari bahan baku kayu jati, mahoni, mindy, dan campur kayu Jawa. Perusahaan ini dipimpin oleh desainer interior yang kompeten dan berpengalaman untuk memastikan dan membantu para buyers mencapai kepuasan dan tujuan mereka. Kedua produsen mebel dan kerajinan di atas tentunya menggunakan bahan kayu bersertifikat dan bersumber dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan hati-hati.



Meskipun IFEX Virtual Showroom diadakan secara virtual, namun hal tersebut tidak menurunkan semangat para pemain industri mebel dan kerajinan di Indonesia untuk terus memproduksi dan memamerkan produk-produknya pada perhelatan ini. “Mengingat IFEX dikenal sebagai pameran yang menampilkan produk-produk yang inovatif, kreatif, dan memiliki nilai tinggi sehingga IFEX Virtual Showroom 2021 tentunya akan menampilkan produk-produk yang beragam dan berkualitas.” ucap Abdul Sobur, Ketua Presidium HIMKI.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, berharap IFEX Virtual Showroom 2021 ini tetap memberikan pengalaman belanja optimal bagi para pengunjung pameran. “Digelar secara virtual mungkin bisa meningkatkan trafiknya, karena tidak memerlukan biaya transport dan akomodasi ke pameran offline,” jelasnya. Melalui pembukaan IFEX Virtual Showroom 2021 yang lalu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi, juga menyampaikan harapannya, “Saya harap IFEX Virtual Showroom dapat ikut mendorong pemulihan sektor ekonomi sekaligus mempromosikan produk mebel dan kerajinan Indonesia ke pasar global” terangnya.

Penyelenggaraan IFEX telah terbukti membawa efek positif yang besar terhadap industri furnitur Indonesia, sehingga pasar furnitur Indonesia bisa terus berkembang. “Kami optimis menciptakan peluang lebih maksimal dan berpengaruh luas kepada seluruh stakeholders dan buyers, baik jangkauan nasional maupun mancanegara”, tutur Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara juga berharap situasi pandemi terkendali dengan baik dan berangsur pulih, sehingga penyelenggaraan IFEX dapat berjalan secara offline di tahun mendatang dengan konsep hybrid yang rencananya akan dilaksanakan pada 11 – 14 Maret 2022 di JIExpo Kemayoran.

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi IFEX Virtual Showroom dapat melakukan registrasi secara gratis di situs https://ifexindonesia.com/registration. Pengunjung dapat mengisi e-form secara lengkap kemudian melakukan verifikasi email melalui email konfirmasi yang dikirimkan secara otomatis. Selanjutnya jika sudah mendapatkan email konfirmasi, pengunjung dapat langsung log in di laman yang tersedia di situs IFEX dan dapat langsung menjelajahi pameran IFEX Virtual Showroom secara virtual.

About eddy Purwanto

Check Also

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, Kesiapan Indonesia Sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Kekuatan fesyen muslim Indonesia yang pertama adalah terletak pada keanekaragaman desainnya yang kaya akan ciri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *