Kagum Karya Seni Etnik Batik Jawa

Jakarta-Di setiap menjalankan kreatifitas seninya seperti baca puisi, menulis cerpen dan shuting sinetron, artis cantik dengan nama lengkap Sophia Inggriani Latjuba ini, selalu ditemani aksesoris anting, gelang, kalung hasil kerajinan tangan dari Bali, Lombok, dan Sumbawa yang berbahan perak, kayu maupun bahan kulit.

Wanita kelahiran Jerman, 08 Agustus 1970 ini juga sangat kagum terhadap kain wastra batik yang asli berasal dari Jawa khususnya Jogjakarta dan Solo. Karena menurutnya, batik merupakan benda pusaka warisan leluhur nenek moyang yang kaya akan makna dan filosofi yang sangat mengispirasi dalam menjalankan kehidupan ini.

Ibu dari Anna Mueller ini menjelaskan, sepengetahuan dirinya tentang batik adalah sebuah proses menitik kehidupan yang digores dalam lembaran kain yang memuat alunan makna penuh arti. Sehingga lanjutnya, batik menjadi kebanggan tersendiri bagi yang memakainya, “Inilah salah satu jati diri Indonesia sebagai anak negeri yang memiliki keragaman budaya,” ungkapnya.

Bukan sekadar kagum dari kemewahan kain batik Jawa, Sophia Latjuba juga mengimplementasikan wasiat batik, ke dalam kesehariannya dengan menggunakan busana berbahan kain batik tulis. “Hal ini, sebagai wujud kebanggaan diri bahwa kita semua adalah generasi pewaris yang sah dari karya seni terutama batik,” terangnya. (Agus Sukmadi)

About Achmad Ichsan

Check Also

Raline Shah: Koleksi Fashion Untuk Kebutuhan Pribadi

Raline Shah, aktris, model dan penyanyi muda yang lahir di Jakarta pada tanggal 4 Maret …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: