Kerajinan Batu Alam Makin Memikat

Kerajinan seni pahat batu alam terus berkembang di tengah kemajuan zaman dengan produk yang makin memikat dan beragam. Batu alam dari pegunungan menjadi pilihan untuk menghasilkan produk kerajinan pahat yang memikat.

Para perajin seni pahat batu alam terus berkembang menghasilkan produk karya yang makin beragam. Hal tersebut dapat dilihat melalui produksi kerajinan seni pahat batu yang semula hanya berupa barang sederhana terbatas untuk kebutuhan rumah tangga sekarang telah berkembang menjadi seni yang bersifat komersial dan memiliki nilai ekonomis.

Produk kerajinan seni pahat batu alam tersebut meliputi bentuk stupa, lampu hias, gapura, batu relief ornamen dinding, air mancur, umpak rumah joglo dan aneka produk elemen interior untuk memperindah tempat tinggal.

Salah satu sentra produksi kerajinan seni pahat batu alam adalah Dusun Sewan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Sewan merupakan salah satu daerah yang terkenal memiliki kerajinan seni pahat batu alam dengan kualitas baik. Hal tersebut dikarenakan, bahan baku untuk kerajinan batu alam berasal dari Gunung Merapi yang tersedia di sekitar daerah tersebut.



Menurut Purwanto dari Raka Art Stone, pihaknya telah puluhan tahun menekuni usaha kerajinan seni pahat batu alam dan telah menghasilkan beragam produk kerajinan batu alam yang berkualitas. Raka Art Stone antara lain menghasilkan kerajinan batu alam air mancur, lampion, patung, wastafel batu kali, hiasan dinding atau ornamen dinding, gapura, relief, stupa, munthu, cobek, dan lain sebagainnya.

Raka Art Stone menerima pesanan dari konsumen dan pesanan akan dikerjakan semaksimal mungkin sesuai keinginan pemesan. Pesanan akan dikerjakan oleh pengrajin batu alam yang telah berpengalaman di bidangnya. Mengenai desain dan ukuran bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen atau sesuai standar desain yang telah ada.

Purwanto menjelaskan, jika pemesan sudah mempunyai desain dan ukuran lampion batu alam sendiri, maka pihaknya akan mampu mengerjakan sesuai pesanan dan keinginan konsumen tersebut. Permintaan dan pemesanan produk kerajinan seni pahat batu alam makin berkembang setelah dipasarkan secara online melalui internet.

Sebenarnya kerajinan seni pahat batu alam sudah dikenal sejak dahulu. Tidak mudah untuk membuat sebuah karya seni, terlebih lagi jika bahan yang digunakan berupa batu alam. Mulai dari membuat desain gambar hingga sampai pada proses pemahatan memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi. Selain itu, juga dibutuhkan tenaga dan semangat yang ekstra keras untuk tetap mampu mempertahankan usahanya di zaman modern seperti sekarang ini.

About Achmad Ichsan

Check Also

Mengenal Sarung Tenun BHS

Sarung BHS adalah Sarung Tenun yang ditenun menggunakan Tenun Tangan atau yang biasa dikenal dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: