Kerajinan Unik Dari Ban Bekas

Ada begitu banyak barang bekas di sekitar lingkungan kita yang tanpa disadari hanya menumpuk tidak berguna. Padahal, jika kita mau meluangkan sedikit waktu dan kreativitas, kita bisa membuat barang-barang bekas tersebut menjadi seperti barang baru yang berguna buat kehidupan sehari-hari.

Salah satu barang bekas tersebut, adalah ban mobil bekas. Kalau mempunyai ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi, harap jangan dibuang. Karena kita bisa mengubahnya menjadi meja dan kursi yang cantik, dengan cara yang cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Ban mobil bekas dapat dikreasikan sebagai meja dan kursi yang berbentuk bulat melingkar, yang bentuknya unik dan sangat sederhana.

Berikut ini dijelaskan cara membuat kursi dari ban bekas. Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut:

–       Satu atau dua buah ban mobil bekas

–       Triplek kayu yang sudah di potong sesuai ukuran ban mobil

–       Tali tambang ukuran sedang

–       Lem tembak



–       Bor listrik

–       Gunting

–       Beberapa buah baut ukuran sedang

–       Cat vernis untuk kayu

Langkah pertama, bersihkan ban mobil bekas dan keringkan. Kemudian, letakkan triplek kayu di atas ban tersebut. Lubangi beberapa sisi triplek dengan bor listrik untuk menempatkan baut yang akan menyambungkan ban dengan triplek. Keratkan baut hingga triplek tidak bergeser-geser dari ban.

Setelah itu, ambil tambang ukuran sedang dan buatlah motif melingkar di atas triplek dengan tambang tersebut. Lem bagian yang menempel dengan triplek menggunakan lem tembak. Lakukan hal tersebut hingga seluruh permukaan triplek tertutup dengan tambang. Lakukan juga hal serupa dengan melingkari sisi luar ban dengan tambang. Lakukan dengan hati-hati agar hasilnya rapi.

Jika seluruh permukaan ban sudah tertutupi dengan tambang, lapisi seluruh permukaannya dengan cat vernis. Diamkan selama satu hari satu malam sebelum digunakan. Dan lihatlah hasilnya, kini sudah memiliki mini sofa atau meja cantik yang unik.

Ternyata ban bekas bisa dimanfaatkan menjadi kursi dan meja, dengan cara yang tidak terlalu sulit. Nah, untuk membuat meja gunakan 2 ban. Jika tali paracord terkesan kasar dan warnanya kurang bagus, bisa memakai kain polos untuk menutupi permukaan ban. Cara membuatnya lebih mudah, karena kita tidak perlu melilitkan tali dari bawah sampai atas. Selanjutnya, tambahkan bantal diatasnya agar lebih empuk. [Agus Sukmadi]

 

About Achmad Ichsan

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: