Kerjasama Antar Lembaga Penting Bagi Kemajuan ASEPHI

Sebagai wadah perajin dan pengusaha produk kratif kerajinan Indonesia, maka sudah saatnya ASEPHI bekerja lebih giat dalam rangka mengemban visi dan misi Organisasi sebagai tindak lanjut MUNAS VIII ASEPHI tahun 2019 untuk menjadikan organisasi ini sebagai mata air bagi promosi dan pengembangan kualitas produk kerajinan Indonesia.

Banyak sekali tugas yang diemban ASEPHI, agar mampu membawa pelaku UMKM kerajinan menjadi pengusaha profesional baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu tugasnya adalah, menjalin kerjasama antar lembaga.

Agar tugas tersebut berjalan dengan baik, BPP ASEPHI menunjuk Dr. Rusdi Arief sebagai Wakil Ketua Umum III, untuk menangani bidang kelembagaan dan humas tersebut. Sebelum diangkat menjadi Wakil Ketua Umum III, Rusdi Arief merupakan Ketua ASEPHI BPD Banten.

Rusdi Arief menjelaskan, tugas Wakil Ketua Umum III adalah membantu Ketua Umum ASEPHI di bidang kerjasama antar lembaga. Seperti melakukan kerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, BNI serta lembaga atau departemen yang terkait dan ada hubungannya dengan handicraft. “BPP ASEPHI telah bekerjasama dengan Pemerintah dan organisasi-organisasi dunia usaha nasional, regional serta internasional yang lain maupun organisasi pekerja,” terangnya.



Saat ini, lanjutnya, kerjasama yang sedang dilakukan BPP ASEPHI dengan pemerintahan daerah (Pemda) DKI, Pemda Tangerang dan Pemda Bekasi. Kerjasama tersebut, terkait dengan rencana BPP ASEPHI menyelenggarakan pameran di mall-mall Jakarta dan sekitarnya. “Sebelumnya, kita sudah melakukan kerjasama dengan Pemda Depok dan Pemda Bogor untuk kegiatan pameran di mall,” ucap Rusdi Arief

Kerjasama yang dilakukan ASEPHI dengan pemda, akan diperluas ke pemda-pemda yang ada di Indonesia. “Jadi tugas kita ini berat, artinya harus melakukan pendekatan dengan bupati dan walikota serta dengan gubernur,” ujar Rusdi Arief.

Target yang ingin dicapai dari kerjasama antar lembaga ini, pertama, BPP ASEPHI sedang merintis go ekspor. “Keberhasilan dan suksesnya go ekspor ini, harus adanya kerjasama dengan lembaga dan perajin-perajin yang ada di daerah,” terang Rusdi Arief.

Karena, lanjutnya, go ekspor ini sangat membantu perajin. Dengan adanya program go ekspor ini, diharapkan anggota ASEPHI meningkatkan kualitas produk dan inovasinya agar bisa bersaing dengan produk kaur negeri. (Achmad Ichsan)

About Auliya Mustar

Check Also

Mengenal Sarung Tenun BHS

Sarung BHS adalah Sarung Tenun yang ditenun menggunakan Tenun Tangan atau yang biasa dikenal dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: