KJRI Penang Gandeng ASEPHI ikuti Penang International Halal Expo & Conference (PIHEC) 2022

Pameran & Konferensi Halal Internasional Penang (PIHEC) 2022 ke-11 yang berlangsung pada 1-3 Juli 2022 merupakan Pameran Halal Penang yang fokus pada rantai nilai regional ASEAN. Yakni, menyatukan beberapa penjual dan pembeli perdagangan paling menjanjikan di Asia Tenggara.

PIHEC 2022 yang berlangsung di SPICE Convention Centre Penang diselenggarakan oleh Penang Halal International, lembaga pemerintah negara bagian untuk mempromosikan ekosistem bisnis Halal di negara bagian Penang.

PHEC tahun 2022 ini merupakan ajang pameran produk untuk suplai pasar ASEAN. Dan PHEC akan menghadirkan pelaku usaha manufaktur dan buyer dari Asia Tenggara serta pelaku usaha produk halal dunia.

PIHEC ke-11 menampilkan 161 peserta termasuk peserta asing, di antaranya Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina dan Kamboja. Pihak KJRI Penang yang menerima undangan bagi keikutsertaan Indonesia dalam Penang International Halal Expo and Conference (PIHEC) menggandeng ASEPHI untuk bergabung dalam stand KJRI Penang dalam memamerkan produk kerajinan tangan Indonesia.

Partisipasi KJRI Penang dalam PIHEC ke-11, setelah di 2020 hanya mengikuti secara daring dan di 2021 tidak dilaksanakan karena masih dalam masa pandemi COVID-19, bertujuan mendorong dan mempromosikan produk-produk Indonesia guna memacu ekspor ke Malaysia, khususnya ke Penang.



KJRI Penang ingin mempromosikan produk-produk Indonesia, khususnya dari industri halal. Dan berharap melalui ekspo yang diadakan di Setia SPICE Penang tersebut membuat produk-produk Indonesia, khususnya produk halal, dapat semakin dikenal. Tujuan akhir dari kesertaan tersebut, dapat meningkatkan ekspor, sehingga menekan defisit perdagangan Indonesia terhadap Penang.

Peserta stand KJRI Penang terdiri dari tujuh perwakilan perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produser Handicraft Indonesia (ASEPHI). Selain itu ada pula peserta dari Penang yang merupakan perusahaan-perusahaan Malaysia yang mempromosikan produk-produk Indonesia.

Adapun komoditas yang dipasarkan di stand KJRI Penang meliputi makanan dan minuman, fashion, aksesoris, perhiasan dan obat herbal untuk kesehatan. Perusahaan Rana Jenitri menampilkan aksesoris yang terbuat dari butiran jenitri. Sedangkan Perusahaan Indah Mutiara Lombok dan Sentuhan Mutiara menampilkan berbagai macam perhiasan dari mutiara.

Lalu ada Roemah Kebaya Virlga, Amanda Tania, Batik Tanah Liek dan Zainal Songket yang mempromosikan kebaya, kain batik, kain songket, baju batik untuk laki-laki dan perempuan.

Produk makanan dan minuman berupa biji kopi Indonesia dengan tester, dihidangkan oleh SiTigun Café. Mie goreng instant disajikan oleh IndoFood dan aneka sambal serta kerupuk ikan digelar oleh Restauran Nona Bali dan Restauran Uwong Palembang.

Untuk lebih menyemarakkan kesan Indonesia, Stand KJRI Penang ditata sedemikian rupa dengan latar belakang 10 Destinasi Baru Indonesia (di luar Bali), benda-benda budaya serta penayangan klip pariwisata dari berbagai obyek wisata seluruh Indonesia. (Achmad Ichsan)

Check Also

Kunjungan Menteri Erick, BNI Amsterdam Tangkap Peluang Pasar Global

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus mengoptimalkan kekuatan kantor …

Thamrin Bustami, Salah Satu Penggagas dan Project Officer Pertama Pameran INACRAFT Tutup Usia

Berita duka datang dari salah satu tokoh penggagas dan Project Officer pertama Pameran INACRAFT yang …

Leave a Reply