Kreasi Menawan dan Berkualitas dari Kulit Sintesis

Spesifikasi ………………………………………………………

Judul                : Ragam Kreasi dari Kulit Sintetis

Penulis             : Indah Apsari

Tebal              : 112 halaman

Ukuran            : 17 x 21cm

Penerbit          : Tiara Aksa (PT Trubus Agrisarana), Surabaya

………………………………………………………………………………………

Beragam kreasi benda kerajinan fungsional sangat mudah dibuat dari kulit sintetis atau kulit imitasi. Bahan baku yang digunakan berupa kulit sintetis pada saat ini sangat mudah didapatkan di pasaran. Bahan kulit sintetis dapat dibuat beragam kreasi seperti aneka perlengkapan sekolah, aksesori, dekorasi rumah, dan benda fungsional lainnya.

Indah Apsari dalam buku karangannya “Ragam Kreasi dari Kulit Sintetis” memberikan ide kreatif untuk beragam produk dari kulit sintetis. Kulit sintetis dapat digunakan sebagai pengganti kulit asli dari binatang karena selain murah juga mudah didapat.

Kulit sintetis dapat dikreasikan menjadi beragam barang kerajinan salah satunya adalah menjadi kreasi kerajinan tangan yang bisa dibuat untuk digunakan sehari-hari, seperti perlengkapan sekolah, aksesoris, dekorasi kamar anak, dan lain-lain. Dalam buku ini juga disertakan pola dan tahap demi tahap cara pembuatannya.

Kulit sintetis merupakan bahan kreasi yang diminati banyak orang. Bahan kulit sintetis merupakan buatan manusia yang bila diamati akan terlihat serupa atau bahkan mirip dengan bahan kulit asli. Bahan kulit sintetis terbuat dari polymer yang disusun secara terus menerus. Bahan kulit sintetis ditemukan pada tahun 1850, kemudian dikembangkan dengan komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis.

Penggunaan bahan kulit sintetis banyak digunakan untuk berbagai kreasi kerajinan seperti sepatu, dompet, tas, dan masih banyak lagi mengenai produk fashion. Penggunaan bahan kulit sintetis di bidang fashion dipilih jenis yang sangat mengkilap, elegan, murah, dan sederhana.

Kulit sintetis telah dibuat dari berbagai macam jenis yang hampir sama dengan kulit aslinya. Mulai dari glossy, motif, dan warna bisa jauh lebih baik mengembangkan motif dengan sesuai selera. Kulit sintetis dikembangkan dengan memakai komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis.

Kualitas bahan kulit sintetis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kategori high quality, medium quality, dan low quality. Untuk kualitas high quality, kulit sintetis yang termasuk dalam kategori yang sangat berkualitas tinggi, salah satunya adalah mbtech, murano dan platium. Keunggulan dengan bahan ini adalah bahannya cukup awet dan tidak mudah pudar pada warnanya, serta jika diraba pada bagian permukaan sangat lembut.

Kualitas medium quality merupakan salah satu virotec, caviero atau bisa juga sering disebut dengan virotec super, martin suede. Suede yang dimaksud adalah sintetis bukan dari kulit asli, bahan tersebut mempunyai permukaan yang agak lembut.

Sedangkan low quality merupakan kualitas yang termasuk dalam kategori camera, kanvas, vinyl dan parasit. Bahan ini memiliki sifat karakter sangat tipis dan permukaan kasar. Bearagam kualitas kulit sintetis tersebut dapat digunakan untuk memproduksi beragam kreasi kerajinan yang indah, menawan dan berkualitas. (Ahmad Jauhari)

About Achmad Ichsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: