Kursi Kayu Eksotis di Hunian Minimalis

Dengan desain minimalis, interior terlihat sederhana dengan pemanfaatan ruangan secara maksimal, tetapi tetap nyaman untuk ditinggali. Penataan interior dengan menghadirkan kursi kayu di dalamnya membuat ruangan terlihat lebih nyaman dan minimalis.

Tahun ini, gaya minimalis tampaknya masih menjadi idola di dunia interior. Pergeseran mungkin akan terjadi pada pemilihan bahan dan warna. Bila tahun lalu warna putih identik dengan interior minimalis, tahun ini warna abu-abu terang cenderung ditampilkan. Sementara itu, bahan logam akan beralih ke kayu. Untuk furnitur kayu, warna gelap akan bergeser ke warna terang.

Sebuah tren baru acapkali merupakan pengulangan dari sesuatu yang pernah populer di masa sebelumnya. Desain furnitur kayu tentunya mengikuti konsep desain interiornya, bahkan menyatu dengan tipe dan gaya arsitektur rumahnya. Tren furnitur tahun ini masih didominasi oleh gaya minimalis dan bergeser sedikit ke gaya minimalis modern.

Furnitur kayu memang tak perlu diragukan lagi kekuatan dan daya tahannya. Penampilan furnitur kayu sangat mungkin akan beralih dari warna gelap ke terang. Logam sebagai pelengkap akan hadir dengan warna hitam sebagai kontras yang menyeimbangkan unsur kayu dan logam untuk memberi kesan modern.

Keterbatasan ruang menjadi kendala bagi Anda untuk merasa nyaman tanpa mengabaikan estetika. Apa pun bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi, termasuk lantai ruangan. Lantai polos memang masih memiliki penggemar setia. Namun di tahun ini, lantai berpola terutama dari bahan kayu merupakan pasangan yang menyatu dengan furnitur kayu yang siap memukau Anda.

Kombinasi tersebut merupakan alternatif yang bisa jadi populer sepanjang tahun ini. Namun, pemilihan nuansa warna ruangan ada kaitannya dengan selera. Anda bebas memiliki selera yang berbeda. Bagi Anda yang kurang suka dengan nuansa monokrom, bisa memilih furnitur berwarna terang untuk menghadirkan suasana baru di rumah.

Kursi Kayu Minimalis



Merencanakan desain interior ruang bisa dimulai dengan memilih desain kursi yang tepat. Model kursi yang Anda pilih harus sesuai dengan tema yang diusung oleh rumah itu sendiri. Kursi yang terbuat dari material kayu, misalnya, akan memperkuat kesan kontemporer jika ditempatkan di ruangan bergaya klasik. Namun, pengaplikasian kayu pada ruangan modern minimalis juga dapat menambah kesan natural yang hangat.

Kursi kayu dengan desain minimalis akan menciptakan karakter khusus pada interior rumah. Anda harus teliti dalam memilih dan memadukan warna cat dinding, furnitur, hingga aksesori pendukungnya. Keberadaan kursi juga harus dimaksimalkan baik dari segi kegunaan hingga keindahannya.

Pilihlah kursi kayu dengan mempertimbangkan dekorasi ruangan. Jika ruangan Anda bergaya klasik, pilih kursi kayu yang memiliki ukiran detail sehingga ruangan Anda akan tampak semakin indah. Selain itu, sesuaikan pemilihan kursi dengan tata letak ruang. Jika butuh kursi yang panjang, silakan sesuaikan ukurannya hingga pas dengan besarnya ruangan.
Selanjutnya, pilih kursi kayu yang nyaman. Poin ini harus Anda cermati, pastikan kursi tersebut nyaman untuk diduduki. Kursi yang nyaman bisa dilihat dari tingginya yang standar atau umum. Jangan pilih kursi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Anda juga harus memperhatikan ukuran dan bentuk kursi.

Jika Anda memiliki hunian yang minimalis, pilih kursi sesuai dengan kebutuhan. Jangan meletakkan kursi yang banyak jika ruangan Anda sempit. Hal itu akan membuat ruangan terasa kecil dan tidak nyaman.

Konsep Desain Klasik dan Modern

Kursi kayu cenderung klasik karena umumnya hadir dengan desain ukiran. Namun bagi Anda yang menerapkan konsep modern pada ruang tamu, tetap bisa memilih kursi kayu dengan desain yang lebih simpel dan lebih minimalis serta sedikit sentuhan ukiran. Sementara itu bagi Anda yang memang menerapkan konsep klasik pada ruang tamu, bisa memilih desain ukiran apa pun bahkan yang paling rumit sekalipun.

Untuk pemilihan bahan, pastikan Anda memilih kursi kayu dengan serat kayu yang padat dan kokoh seperti kayu jati. Namun, perlu diketahui bahwa kayu jati memiliki banyak macam yang menentukan tingkat kualitasnya, seperti kayu jati mas, kayu jati muda, dan kayu jati tua. Untuk ketahanannya, kayu jati tua lebih tahan jika dibanding dengan kedua jenis kayu jati tersebut. Selain memiliki ketahanan yang bagus, harga kayu jati dikenal sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu lain, seperti mahoni, sonokeling, akasia, ataupun trembesi. (Adyan Soeseno)

About eddy Purwanto

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: