LAMPU HIAS DARI KARDUS BEKAS

Mempercantik ruangan rumah dengan kreasi dari barang-barang bekas bukanlah hal yang tidak mungkin. Hanya butuh sedikit kreatifitas agar kreasi tersebut dapat tercipta dan memiliki nilai guna. Kali ini kami akan berbagi info tentang tutorial kreasi lampu hias dari kardus bekas. Tak hanya menghemat biaya pengeluaran, membuat karya dari bahan kardus bekas sendiri dengan mengolahnya kembali juga sebagai wujud dukungan untuk gerakan go green dalam penanggulangan limbah. Adapun bahan, material dan cara membuatnya adalah sebagai berikut;

BAHAN DAN ALAT YANG DIGUNAKAN

  1. Kardus bekas
  2. Gunting
  3. Lem tembak
  4. Fitting
  5. Lampu
  6. Kabel
  7. Pensil
  8. Penggaris
  9. Cat semprot

 



CARA MEMBUAT

  1. Siapkan kardus bekas, tandai dengan pensil berbentuk persegi panjang dengan panjang 60cm dan lebar 21cm, kemudian potong.
  2. Selanjutnya warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai selera yang diinginkan. Lalu diamkan beberapa menit sampai cat benar-benar kering.
  3. Tandai sisi panjang kardus yang tidak dicat menjadi lima bagian sama panjang, kemudian garis dengan cutter tapi hati-hati jangan sampai terpotong kardusnya. Hal ini bertujuan agar kardus dapat dilipat menjadi bentuk segilima sama sisi.
  4. Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima, kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian, dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm
  5. Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang dicat berada pada posisi bagian dalam. Sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya sampai atas. Yang nanti akan digunakan bingkai dari lampu gantung.
  6. Selanjutnya siapkan bagian atas dari kap lampu tersebut, potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm sesuai dengan potongan bingkai yang telah dibuat agar mudah dijiplak ukuran bingkai segilima sama sisinya, kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.
  7. Buat lubang di tengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah dibuat, sehingga ujung lampu dapat masuk ke fiting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.
  8. Pasang  framenya dan rekatkan dengan lem tembak sehingga terbentuk lampu gantung yang cantik ini.

Selain kreasi lampu hias dengan bentuk segilima ini, juga bisa mengembangkan kreasi dengan membuat lampu hias dengan material bekas lainnya serta dengan bentuk unik lainnya.

Untuk membuat karya seni tidak harus menggunakan bahan-bahan yang mahal dan mewah. Barang bekas pun apabila diolah tangan-tangan kreatif ternyata juga dapat menghasilkan sebuah maha karya seni yang berguna dan mempunyai nilai estetika yang indah. (Achmad Ichsan)

About Achmad Ichsan

Check Also

LPDB-KUMKM Kucurkan Pinjaman Rp10 M

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) mengucurkan bantuan dana bergulir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *