LPDB Melakukan Koordinasi Pengalihan Dana Bergulir Tahun 2019

Bukittinggi-Untuk memenuhi kebutuhan Koperasi dan UMKM yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, Lembaga Pengelola ana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (LPDB-KUMKM) melibatkan banyak pihak yang terkait dalam pemberdayaan KUMKM terkait, akses pembiayaan, akses informasi, dan akses penjaminan.

Dalam rangkaian hal tersebut, LPDB-KUMKM telah melaksanakan kerjasama dengan Dinas yang membidangi KUMKM, Lembaga Penjaminan, dan Lembaga lain seperti Dirjen Dukcapil Kemendagri, dan terakhir dengan Kemenkop dan UKM terutama optimalisasi peran PLUT. “Ke depan akan lebih ditingkatkan lagi, program-program kerjasama ini sehingga akses ke LPDB-KUMKM dapat melalui berbagai unit/ lembaga,” ucap Braman Setyo, Direktur Utama LPDB-KUMKM saat memberi sambutan pada acara RAPAT KOORDINASI PENGALIHAN DANA BERGULIR TAHUN 2019, Rabu, 27 Maret 2019 di Hotel Novotel, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Selain kegiatan peningkatan kerjasaman tersebut, lanjut Braman Setyo, LPDB juga memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan pengalihan dana bergulir dari koperasi yang menerima bantuan program Kementerian Koperasi dan UKM Tahun 2000–2007 ke LPDB-KUMKM yang merupakan amanat dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada LPDB-KUMKM.

Braman Setyo berharap, dinas dan perbankan, agar dapat membantu proses pengalihan dana yang masih di rekening penampungan atas nama koperasi ke rekening LPDB-KUMKM. Sehingga koperasi yang sudah lunas dan masih berjalan dengan baik dapat juga memiliki kesempatan untuk mengakses pembiayaan dari LPDB-KUMKM.



“Untuk itu, kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat yang sudah membantu proses pengalihan. Karena sesuai dengan laporan, progress pengalihan keseluruhan di Provinsi Sumatera Barat mencapai 35% dari plafon yang dikucurkan sebesar Rp76,6 milyar dan yang telah mengalihkan dananya ke rekening LPDB-KUMKM sebesar Rp26,5 milyar,” ujarnya.

Braman Setyo menambahkan, bahwa dana bergulir yang sudah di salurkan oleh LPDB-KUMKM di Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp60,9 milyar dengan jumlah penerima sebanyak 44 mitra.

Braman Setyo juga menyampaikan, paparan mengenai kebijakan terkait penyaluran dana bergulir oleh LPDB-KUMKM dan memfasilitasi adanya Klinik Bimbingan (Coaching Clinic) bagi koperasi dan UKM yang ingin mengetahui persyaratan dan mekanisme pengajukan proposal pinjaman/ pembiayaan ke LPDB-KUMKM terutama terkait dengan adanya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop) Nomor : 8 Tahun 2018.

“Kami mengharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti secara baik serta memanfaatkan kesempatan Coaching Clinic ini agar dapat informasi yang jelas bagaimana mengakses pinjaman LPDB-KUMKM dalam meningkatkan permodalan dan usaha koperasi dan UKM. Dan bagi Koperasi penerima dana bergulir program kementerian Koperasi dan UKM tahun 2000-2007 yang sudah lunas dan masih beroperasi dengan baik, akan diprioritaskan mendapat pinjaman/ pembiayaan dari LPDB-KUMKM,” terang Braman Setyo. (ikhsan)

 

Check Also

Sandiaga Uno Dorong Komunitas Kreatif Danau Toba Kembangkan Produk Ekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong …

LPDB-KUMKM Adakan Media Gathering

Pada acara Media Gathering,  Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan …

Leave a Reply