LPDB Telah Mencairkan Dana Bergulir Rp700 Miliar Sampai Bulan Juli 2019

Sebagai lembaga yang bertugas menyalurkan dan mengelola dan bergulir, pada bulan Juli 2019 Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) telah mencairkan pengelolaan dana bergulir sebesar Rp700 milar ke seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama LPDB, Bramansetyo pada acara Sarasehan Koperasi IV dan Business Gathering Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia di Hotel Aston Purwokerto pada Rabu, 10 Juli 2019.

Memgambil tema kolaborasi koperasi menjawab persaingan di era revolusi industri 4.0 turur hadir hadir dalam acara Sarasehan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, AA Puspayoga, Bintang Puspayoga, jajaran deputi menteri, Duta Koperasi Rano karno serta seluruh anggota Forum Komunitas Koperasi Besar Indonesia.

Lebih lanjut Bramansetyo mengatakan, dari seluruh anggota Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia sebanyak 44 ada 3 kategori yang masuk dalam penilaian dari LPDB yang bisa mendapatkan dana bergulir. Kategori pertama, koperasi yang tidak lolos persyaratannya penerima dana bergulir, kategori kedua koperasi yang dalam proses penyeleksian dan kategori ketiga koperasi yang persyaratannya terpenuhi dan menerima dana bergulir dari LPDB.

Dan koperasi yang masuk kategori ketiga tersebut, lanjutnya, hanya 5 persen dari jumlah anggota koperasi besar yang melakukan akad kredit. “Dari 44 Koperasi yang diundang pada acara ini, ada sekitat 5 persen yang akan melakukan akad kredit,” ucapnya.



Terkait dengan sulitnya aturan persyaratannya penerima dana bergulir dari LPDB serta sulitnya akses ke LPDB karena tidak adanya perwakilan LPDB di daerah seperti yang disampaikan Michael, dari KSP Keling Kumang Kalimantan Barat, Bramansetyo menjelaskan, bahwa persyaratan tersebut kini sudah dipermudah dan telah dipangkas menjadi lebih sedikit.

Ia menambahkan, bahwa dinas- dinas koperasi yang ada di daerah merupakan perwakilan dari LPDB di daerah tersebut. “Bagi koperasi di daerah, yang ingin mengajukan permohonan bisa melalui dinas-dinas koperasi yang ada di kabupaten dan provinsi sebagai perwakilan LPDB,” ujar Bramansetyo.

Penyelenggaraan acara sarasehan tersebut, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Koperasi (HUT) ke 72 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2019 yang perayaannya akan dilaksanakan di Purwokerto.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke 72 tersebut, Bramansetyo pun mendorong koperasi untuk lebih maju lagi dalam mengembangkan lini bisnisnya. “Ke depan, saya berharap koperasi bisa lebih mengembangkan usahanya,” imbuhnya.

About Achmad Ichsan

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: