Mandalika Siap Gelar Wisata Olahraga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Hal itu dipastikan langsung Menparekraf Sandiaga Uno, pada saat melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika, Lombok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita baru saja menyelesaikan mini triathlon trail. Mulai dari berenang di Tanjung Aan, lalu bersepeda, dilanjut lari dan finish di Pantai Kuta Mandalika. Semua kita lakukan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga. Kita harapkan setiap kegiatan bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas yang fokus pada wisata olahraga.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” katanya.



Sandiaga Salahuddin Uno, juga menekankan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di Mandalika sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer yang akrab disapa Barry menjelaskan, Mandalika memang kita siapkan untuk menjadi destinasi sport tourism, kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

“Di tahun 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L’etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

Barry juga menjelaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui untuk dibuat kawasan olahraga yang di dalamnya akan ada running track. Kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare tersebut memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” ujarnya. (Achmad Ichsan)

About Achmad Ichsan

Check Also

Dana Bergulir Mampu Dorong Pemulihan Ekonomi

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) memastikan untuk terus berkontribusi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: