Home / Event / MATERI TAKLIMAT MEDIA DIREKTUR JENDERAL KEBUDAYAAN ANUGERAH KEBUDAYAAN TAHUN 2019

MATERI TAKLIMAT MEDIA DIREKTUR JENDERAL KEBUDAYAAN ANUGERAH KEBUDAYAAN TAHUN 2019

Sekecil apa pun karya budaya yang dihasilkan oleh seseorang atau pun komunitas kebudayaan, tidak terlepas dari nilai – nilai budaya masyarakat setempat.  Penciptaan tersebut, tentu tidak lahir begitu saja, apalagi jika karya tersebut telah  hidup  bertahun – tahun lamanya, dan telah diwariskan dari generasi satu ke generasi berikutnya. Bagaimana karya tak lekang karena zaman, terutama karya – karya yang sifatnya tak benda, baik itu merupakan ilmu pengetahuan, kearifan lokal, nilai tradisi, dalam bentuk ekspresi (tari, musik, teater, pantun), atau pun dalam bentuk karya senirupa, seperti patung, lukisan, grafis, maupun yang bersifat benda seperti karya arsitektural, seperti bangunan, gedung, dll.  Semuanya mengandung makna, nilai filosofis yang dapat menimbulkan inspirasi baru, dan ini bersifat positif.

Nilai-nilai yang bersifat positif ini, memiliki dampak strategis terhadap pelestarian  kebudayaan yang mencakup    perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan.  Hal yang tidak kalah penting, adalah di balik sebuah karya, tersirat   sosok atau pun tokoh yang memiliki komitmen kuat terhadap pewarisan nilai – nilai  kebudayaan, baik yang tak benda maupun benda.

Upaya menumbuhkan  kebanggaan generasi muda terhadap karya budaya masa lampau, masa kini, dan inspirasinya bagi masa depan, sekaligus mengeliminir dampak negatif dari pengaruh global, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  setiap tahun sejak tahun 2012  menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi, sebagai  program apresiasi dalam kerangka    penguatan karakter bangsa.

Untuk membangun arti penting sebuah apresiasi baik dalam bentuk Anugerah Kebudayaan maupun penghargaan kepada Maestro Seni Tradisi, pendokumentasian dan penerbitan profil penerima Anugerah  Kebudayaan juga Maestro Seni Tradisi  sangat penting. Ini  menjadi penanda dalam memaknai momen penghargaan. Bahwa kita memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia agar tetap mangakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens.



Oleh karena itu, upaya menjaga komitmen ini, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui tugas fungsinya, di satu sisi akan mengusulkan nama – nama untuk dicalonkan sebagai penerima Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, untuk kelas Bintang, yaitu Bintang Mahaputera, Bintang Budaya Parama Dharma, dan kelas Satyalancana Kebudayaan, yang diteruskan ke Sekretariat Negara untuk dinilai oleh Dewan Tanda Kehormatan.  Sedangkan pada sisi yang lain, dalam kapasitas instansi teknis yang menangani kebudayaan, maka Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu sendiri memiliki program dan Kegiatan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi.

Melalui program apresiasi ini sebagai salah satu cara menginternalisasikan nilai budaya,  diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan  Indonesia.

Untuk tahun 2019, jumlah alokasi untuk penerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi  berjumlah 59 orang dari 8 kategori.

NO 8 KATEGORI JUMLAH PENERIMA
1 Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI:

Terdiri dari Bintang Mahaputera 2 orang, Bintang Budaya Parama Dharma 3 orang, dan Satyalancana Kebudayaan 8 orang

13
2 Pencipta dan Pelopor 10
3 Pelestari 10
4 Anak dan Remaja 5
5 Maestro Seni Tradisi 5
6 Pemerintah Daerah 5
7 Komunitas 7
8 Perorangan Asing 4
TOTAL 59

 

Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi ini akan disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Muhadjir Effendy pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 19:00 WIB bertempat di Istora Senayan, Jakarta. (Iko Muhyidin )

About Icho

Check Also

Primaduta Award 2019: Penghargaan atas Kinerja dan Loyalitas Buyers Produk Indonesia

Tangerang, 16 Oktober 2019 – Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan Primaduta Award kepada 45 buyers dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: