Membuat Bros Cantik dari Pita

Bagi sebagian besar kaum hawa, bros sangat dibutuhkan sebagai aksesoris penunjang, baik untuk kegiatan keseharian maupun acara resmi. Bros mampu dijadikan  hiasan yang bisa mempercantik penampilan. Pada umumnya  bros diterapkan sebagai aksesoris pelengkap dan perekat dalam mengikat jilbab serta dapat menambah kesan elegan.

Beragam  jenis bros yang ada dipasaran, baik yang terbuat dari almunium, besi, ataupun dari kain dan pita. Untuk apa membeli, kalau mampu membuatnya. Dengan membuat bros sendiri, rasa puas dan bangga akan dirasakan manakala hasilnya sesuai dengan keinginan.

Bentuk bros yang paling populer dikalangan wanita adalah bentuk bunga. Salah satu kreasi bros bunga berasal dari bahan pita. Bros dari pita, bisa digunakan untuk menghias pakaian ataupun hijab agar lebih menarik.

Bagaimana cara membuat sebuah bros cantik dari pita. Teknik dan  cara membuatnya sangat mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit akan mendapatkan kreasi Bros pita yang cantik. Ada beberapa jenis bros yang biasa digunakan dalam aksesoris baju atau hijab, dan yang paling banyak digunakan adalah bros dari kain flanel atau dari bahan yang lembut.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan : 

-Lem tembak untuk merekatkan pita

-Pita warna yang memiliki ukuran lebar

-Berlian pipih imitasi yang nanti kita akan gunakan sebagai aksesoris bros agar terlihat lebih cantik

-Korek api untuk merapikan potongan pita

-Benang dan jarum yang akan digunakan untuk merakit bros



Bila semua alat dan bahan sudah selesai disiapkan, saatnya ke langkah selanjutnya membuat bros dari pita.

Langkah pertama

Langkah awal, membuat potongan pita seperti bentuk daun bunga, buatlah menjadi dua ukuran yang berbeda yaitu 3 cm dan 4 cm. Untuk potongan pita dengan ukuran 3 cm jumlahnya 10 potong sedangkan yang berukuran 4 cm jumlahnya 15 potong atau bisa juga disesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah pita selesai dipotong, bakarlah ujung pita menggunakan korek api dan bentuk seperti kelopak bunga. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar.

Langkah kedua

Setelah selesai membentuk pita seperti kelopak bunga, langkah selanjutnya adalah menyatukan semua ujung pita dengan menggunakan benang jahit.

Pertama susun ujung pita secara melingkar satu persatu menggunakan benang jahit, sampai membentuk lingkaran sempurna.

Setelah itu, tumpuk pada bagian tengah bros menggunakan lem tembak dan tempelkan berlian imitasi yang telah dipersiapkan tadi.

Akhirnya bros cantik untuk hijab ini sudah jadi dan siap digunakan. Bisa juga berkreasi untuk membuat bros lain, dengan berbagai warna dan juga bentuk.

Sebagai catatan, yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah karya seni dibutuhkan sebuah kesabaran dan juga ketekunan, karena akan memberikan sebuah hasil yang bagus. (Achmad Ichsan)

About Achmad Ichsan

Check Also

LPDB-KUMKM Kucurkan Pinjaman Rp10 M

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) mengucurkan bantuan dana bergulir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *