Small wooden simple shelf in white stylish apartment

Mempercantik Dekorasi Ruangan dengan Anyaman

Anyaman mampu menjadi elemen penting untuk mendekorasi ruangan agar terlihat semakin cantik. Dengan penataan yang tepat didukung dengan inovasi menghadirkan anyaman dalam mendesain dapat menciptakan keindahan ruangan.

Anyaman selama ini biasa dijumpai pada keranjang dan perabotan rumah lainnya. Kehadiran anyaman dalam ruangan tidak lebih karena fungsi penggunaannya. Padahal anyaman dapat berperan lebih dari sekadar kehadiran fungsionalnya. Anyaman dapat dihadirkan untuk mempercantik dan memperindah ruangan.

Bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya dalam penggunaan anyaman untuk berbagai keperluan kehidupan. Sebagian besar suku bangsa di Indonesia menghasilkan produk untuk keperluan hidupnya dari kegiatan menganyam. Oleh karena itu, anyaman sebenarnya menjadi ciri khas tradiri kebudayaan di Indonesia.

Kini, penggunaan anyaman tidak hanya terbatas pada produk perabotan rumah tangga, tetapi telah merambah untuk keperluan lebih luas seperti untuk kepentingan dekorasi ruangan. Anyaman mulai dihadirkan untuk menghasilkan desain ruangan yang memadukan antara gaya modern dengan tradisional.



Menurut desainer interior Prasetio Budhi, anyaman dapat dianggap memenuhi syarat untuk merepresentasikan nuansa tradisional. Sejumlah hotel berbintang empat telah menerapkan rancangan kamar tidur dengan konsep anyaman. Anyaman dihadirkan di sudut-sudut ruangan yang dibuat dengan gaya tersendiri mulai dari motif hingga materialnya.

Biasanya anyaman dibuat dari bambu, rotan atau material alami lainnya, tetapi sebenarnya anyaman juga diciptakan dari material plastik, logam hingga kayu oak. Anyaman bisa dihadirkan untuk mengolaborasi nuansa tradirional dan modern, tetapi anyaman juga bisa menjadi aksen pembeda di ruang. Selain itu, material plastik atau logam tersebut lebih tahan lama ketimbang bahan anyaman dari bambu atau bahan alami lainnya.

Untuk memunculkan kenyamanan, anyaman dari kayu oak dapat diletakkan di sudut kamar, kemudian diberi lampu dengan pancaran rendah di sisinya. Menurut Prasetio, cahayanya menjadi temaram dan memperkuat kesan anyaman itu sendiri. Desain yang demikian itu dapat membuat suasana ruangan terasa lebih nyaman.

Anyaman juga dapat dihadirkan dalam bentuk perabotan seperti kursi dan meja. Karena temanya anyaman maka perabotan lainnya dalam ruangan harus selaras dengan hal tersebut. Hotel berbintang yang menawarkan tema anyaman dalam ruang kamarnya akan membuat pengunjung menemukan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.

Agar senada dengan kehadiran anyaman, sebaiknya pilihan warna dinding dan lantai ruangan menggunakan warna lembut seperti putih maupun cokelat muda. Dengan demikian, keberadaan anyaman sebagai aksen utama tetap terjaga. (Ahmad Jauhari)

About eddy Purwanto

Check Also

Target 750 Startup Digital Tumbuh di Indonesia

Pemerintah menargetkan bisa menumbuhkan 750 wirausaha baru berbasis teknologi informasi, atau startup digital setiap tahun. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: