Menyulap Limbah Botol Kaca Menjadi Karya Seni

Beragam jenis botol beling banyak terdapat di sekitar kita. Botol-botol tersebut, dianggap sebagai sampah atau limbah yang sangat mengganggu kenyamanan dan keselamatan manusia. Namun kini, botol-botol tersebut bisa disulap menjadi kerajinan yang menarik.

Sampai saai ini, persoalan sampah merupakan masalah serius di negeri ini, terutama di kota-kota besar dengan jumlah penduduk yang melebihi batas. Botol kaca sendiri bukanlah sampah yang bisa terurai secara alami seperti sampah dedaunan. Sampah botol kaca ini butuh ratusan tahun untuk akhirnya hancur secara alami.

Botol-botol kaca yang sudah tidak terpakai di rumah sering membuat bingung karena tidak tahu harus membuangnya kemana. Botol kaca yang dibuang sembarangan dan pecah tentu akan sangat berbahaya.

Saat ini botol kaca menjadi sampah di lingkungan yang sangat menganggu. Banyak orang yang belum mengetahui apa yang harus mereka lakukan dengan botol kaca yang jumlahnya sangat banyak.

Namun dengan teknologi yang tepat guna, sampah yang tadinya menjadi masalah sebagai barang buangan dan mencemari lingkungan bisa menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Teknologi yang digunakan adalah porses daur ulang sampah. Daur ulang adalah salah satu cara yang digunakan untuk meminimalkan jumlah sampah yang ada untuk meningkatkan nilai ekonomisnya menjadi barang-barang yang berguna. Daur ulang meurpakan proses untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan polusi, kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca.

Salah satu daur ulang yang bisa dilakukan adalah daur ulang botol beling atau botol kaca. Daur ulang sampah botol kaca ini adalah sebuah proses untuk mengubah sampah botol kaca bekas menjadi sebuah bahan baru yang mempunyai tujuan untuk mengurangi sampah botol kaca bekas di lingkungan kita. Saat ini sudah banyak orang yang mulai mendaur ulang botol kaca dengan cara yang bermacam-macam.

Seperti yang dilakukan oleh seniman Herman Purwanto, yang menyulap beragam jenis limbah kaca yang berasal dari botol beling menjadi produk seni yang memiliki nilai rupiah yang cukup tinggi.



Melalui rumah kreatif yang berlabel Harco Craft, Herman Purwanto mengumpulkan beragam material botol beling berbagai bentuk, ukuran dan warna. Botol-botol tersebut, ia dapatkan dari sumbangan masyarakat ataupun membeli dari para pengumpul botol, dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung maupun Surabaya.

Setelah terkumpul, semua botol dipilah berdasarkan keunikan bentuk serta komposisi warna yang kemudian dibersihkan untuk menghindari bahaya dari zat-zat yang melekat pada badan botol yang sangat membahayakan kesehatan manusia.

Bagi seorang seniman, seperti Herman, segala barang atau benda yang dianggap tidak terpakai lagi bukanlah limbah. Baginya, limbah-limbah tersebut merupakan media atau sarana untuk mmengekspresikan karya seninya.

Menurut Herman, menciptakan seni dari limbah bukanlah perkara mudah atau sulitnya berkreasi seni, akan tetapi melalui limbah botol ini, ia dapat menuangkan alur cerita yang panjang.

Herman menambahkan, seni kreasi limbah botol tercipta guna membangun nilai tambah bagi kehidupan dan ramah terhadap lingkungan. “Setelah kita mengenal apa limbah botol tersebut, maka secara tidak langsung penjiwaan seni itu muncul ketika berhadapan dengan media seperti limbah botol tersebut,” terangnya.

Melalui Harco Craft, Herman Purwanto mengubah limbah botol beling menjadi nilai seni yang sangat kreatif, indah ramah lingkungan dan digemari oleh semua kalangan. Banyak para perajin yang mengikuti jejak kreatif seni dari limbah botol belling. Akan tetapi ada hal yang berbeda dari hasil produk seni yang diciptakan di rumah produksi Harco Craft, diantaranya adalah pproduk karya seni Herman tidak menghilangkan karakteristik limbah botol tersebut, kedua kesederhanaan desain yang kalau dilihat kasat mata semua orang bisa membuatnya, tapi pada kenyatannya diperlukan keahlian khusus untuk merakit-rakit seni dari limbah botol tersebut.

Keunggulan lain dari produk seni yang dibuat Harco Craft, penciptaan kratifitas limbah berdasarkan kebutuhan dasar dari para pencinta seni di tanah air, artinya konsep disain berdasarkan pesanan yang dilandasi pada konsep dasar dari kebutuhan seperti seni dekorasi, dan kebutuhan aksesoris lainnya. Secara umum seni kreasi yang baku diciptakan oleh Harco Craft diantaranya fram lampu, fram lilin, meja hias atau pajangan, has bunga, tempat selang dan lainnya.

Satu hal yang sangat menarik dari setiap produk limbah botol ini, adanya pesan moril yang sederhana namun dapat mengispirasi, bahwa limbah bukanlah musuh melainkan sahabat terdekat yang dapat mengindahkan ruang.

Dengan mendaur ulang botol kaca dan kaca, anda akan bisa mengelola sampah secara lebih efektif dan tentunya mengurangi sampah botol kaca yang tidak berguna di lingkungan kita. Daur ulang kaca tersebut bisa juga menambah penghasilan anda. Anda bisa menciptakan kerajinan tangan yang cantik dari pecahan botol kaca dan menjualnya. (Agus Sukmadi)

About eddy Purwanto

Check Also

Pengembangan Desa Wisata Denai Lama Lewat ADWI 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *