Home / Tech Craft / Mesin Ukir Kayu untuk Meningkatan Produktivitas

Mesin Ukir Kayu untuk Meningkatan Produktivitas

Tehnologi digital menggerakan mesin ukir kayu secara otomatis, banyak diminati perajin ukir karena dapat meningkatkan produktivitas tapi tidak menghadirkan cita rasa dari si seniman ukir.

Salah satu produk tehnologi canggih untuk membantu membuat kerajinan ukir-ukiran kayu yang banyak diminati perajin, adalah mesin pengukir kayu CNC (Computer Numerical Control).
Salah satu produk ukiran yang dipamerkan di event International Furniture Manufacturing Component (IMAC) tahun lalu, adalah ukiran pintu masuk dari kayu yang bermotif Nusantara.

Ukiran yang dibuat ini, memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Dengan menggunaan CNC, hanya menghabiskan waktu selama satu minggu saja, dengan system kerja long shift 24 jam.
Staf Divisi Tehnik PT Kembar Aji, Abdul Azis mengemukakan, bahwa pengoperasian mesin dilakukan menggunakan computer dan secara otomatis, membuat durasi waktu pengukiran kayu bisa dibuat lebih singkat.

Misal, ukiran pintu itu, jelas Abdul, dapat selesai satu minggu pengerjaan secara long shift,oleh 4 perajin. Sedangkan bila dikerjakan secara manual, oleh 4-5 orang selama 3-4 bulan tidak akan selesai bahkan bisa lebih lama lagi.



Mesin CNC ini, dapat digunakan untuk mengukir berbagai jenis produk, mulai dari ukiran pintu, dekorasi interior dan eksterior, panel kayu, papan, bingkai kaca, hiasan dinding, alat music, perabotan rumah, dan lain-lain.

eunggulan dari produk ini, adalah system kerjanya yang otomatis, dan bisa mengerjakan berbagai ukiran dengan tingkat kesulitan tinggi namun dengan tingkat presisi yang baik. Sebagai mesin yang operasionalnya menggunakan computer, membuat hasil pekerjaan dengan pola yang sama dengan hasil ukiran yang konsisten. Dan, berkualitas tinggi serta dapat meningkatkan produktivitas pabrik.

Cara kerja mesinnya sangat mudah, jelas Abdul Azis, masukan pola gambar produk yang akan diukir ke computer, di setting program NC Studio, yang ada dalam bawaan mesin ini. Selanjutnya, mesin secara otoatis jalan sendiri mengukir kayu sesuai gambar pola ukiran di masukan.

Ukiran yang bisa dibuat mesin CNC, selain ukiran dua dimensi, juga mampu memproduksi ukiran tiga dimensi. Mesin Pengukir Kayu, dipasarkan di Indonesia dengan harga US$ 25 ribu atau senilai sekitar Rp 350 juta.

Sebuah ukiran kaligrafi ayat kursi, diprodusi buat penyekat ruangan, dijual dengan harga Rp 25 juta, masih banyak berbagai ukir-ukiran tiga dimensi seperti cerita Ramayana dengan ukuran 1×2 m2 di jual dengan harga 20 juta. Semua produk tersebut, dapat dibuat dengan Mesin CNC dengan durasi waktu yang lebih cepat. (Adyan Soeseno)

About eddy Purwanto

Check Also

Seni Grafir Kayu dan Akrilik

Seni kerajinan grafir semakin marak dengan perkembangan mesin grafir yang canggih dengan menggunakan teknologi laser, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: