Nature’s Allure: Reflection on Nature through Archetypal Imagery by Endang Lestari

Alam tak ubahnya rahim yang menyimpan, mematangkan dan melahirkan; tumbuhan sebagai daya dukung kehidupan, hingga kuburan arca dan pusaka. Ialah pusat orientasi pandangan hidup dan spiritual. Bersama alam dan segala berkahnya tersebut Endang Lestari berkarya. Ia berusaha sedekat mungkin dalam segala sesuatunya; berkarya bak bermimpi secara sadar dengan intuisi yang diasah sebaik mungkin agar alam itu sendiri mekar dan tertuang dalam beragam karya sebab dari sanalah berkah dan karunia lahir untuk mempersembahkan diri pada kehidupan.

Pameran tunggal kali ini adalah sebuah rilis terbaru Lestari dari seri #naturamagica, sebuah seri permenungan atas  keajaiban yang dimiliki oleh cara alam menjadi dan inspirasi dari warisan budaya yang dibuat oleh kreator dari masa klasik Nusantara. Dalam seri ini Lestari menampilkan imaji arketipal melalui media khusus keramik yang diungkapkan ke dalam bentuk keramik kepatungan (sculptural ceramic) dan objek. Melalui imaji itu, Lestari ingin leluasa mengeksplorasi alur alam melalui berbagai kemungkinan ekspresi bentuk yang bercorak organik dan relik, selanjutnya Ia membiarkan objek-objek mencari sendiri asosiasi-asosianya. Imaji arketipal itu Ia abadikan melalui pembakaran tanah liat dan pengglasiran sesuai kebutuhan penciptaan bentuk dan alurnya.

Seperti pola alam, karya ini bertumpu pada pola pertumbuhan, eksplorasi yang tak terbatas dari kehidupan dan roh yang menggerakkannya. Karya-karya ini dapat dilihat sebagai responnya atas  manusia yang ingin berkontemplasi di tengah kehidupan modern yang kian bertumpu pada kecepatan, materialitas, dan kekosongan.

Melalui pameran di Omah Budoyo, Endang Lestari membuka pintu bagi karya-karya, serta bagi banyak pihak, untuk saling menemukan dan mengalami satu sama lain, beragam keindahan sederhana dari alam, dengan segala makna yang dibawanya serta.

Agenda Pameran Nature’s Allure



18 November 2022    : Press Conference, Soft Opening Pameran (untuk undangan)

25 November 2022    : Workshop CLay Making with Endang Lestari (reservasi)

30 November 2022    : Display karya Workshop Clay Making (Open for Public)

9 Desember 2022       : Grand Opening Pameran (Open for Public)

19 November 2022 – 10 Januari 2023    : Pameran (Open for Public)

Check Also

Pentingnya Kesadaran Tentang Proyek Seni

Kesadaran tentang karya seni yang dilihat, maka perhatian audiens dapat dibentuk dan menjadi perhatian publik, …

Botanical Art: Evoking the Beauty of Science

Pameran Ragam Flora Indonesia Ketiga Mengungkap Eratnya Ikatan Seni Rupa dan Sains Lewat Puluhan Karya …

Leave a Reply