Pentingnya Hak Cipta di Era Digital

Selain menyelenggarakan pameran produk-produk kerajinan, di acara Pameran INACRAFT 2022 juga mengadakan kegiatan INSIGHT PROGRAM INACRAFT. Dalam program tersebut, ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Salah satunya programnya, adalah kegiatan Talkshow.

ada acara Talkshow tanggal 23 Maret 2022 bertempat di mini studio Jakarta Convention Center (JCC) mengambil tema Talkshow Craftpeneur Collaboration dengan konsep sharing, inspiring and collaboration.



Acara talkshow tersebut menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya, Anggoro Dasanto SH, Diraktur Hak Cipta dan Dasain lndustri dari DJKI Kemenkumham yang memaparkan makalah dengan judul Pentingnya Hak dan Cipta Desain Industri di Era Digital. H. Ahmadi Akil, SE., MM, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dengan memaparkan makalah Sharing, Inspiring and Collaboration Session. Selain itu, hadir pula sebagai pembicara Riana Sari Arinal, SH, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan Ekawati Prayogo – PT. PJVIKO MANUNGGAL dari BPP-DS.

Dalam pembahasannya, Anggoro menjelaskan pentingnya para perajin mendaftarkan hak ciptanya ke Kemenkumham agar tidak ditiru atau dijiplak oleh pihak lain. Sementara itu, Ahmadi dan Riana Sari Arinal memaparkan betapa banyaknya produk-produk kerajinan di daerah yang bagus dan indah tetapi belum mendapatkan hak paten sehingga mudah ditiru dan hasil karyanya biasa diakui oleh pihak lain.

Sementara itu, Ekawati Prayogo yang juga selaku praktisi industri kerajinan yang mengangkat produk kerajinan berbahan dasar alam memaparkan bahwa produk kerajinan yang dipasarkan oleh perusahaannya adalah produk kebutuhan rumah tangga yang berbahan serat alam. “Bahkan kami juga sudah ekspor,” ujarnya. (Achmad Ichsan)

Check Also

Kunjungan Menteri Erick, BNI Amsterdam Tangkap Peluang Pasar Global

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus mengoptimalkan kekuatan kantor …

Thamrin Bustami, Salah Satu Penggagas dan Project Officer Pertama Pameran INACRAFT Tutup Usia

Berita duka datang dari salah satu tokoh penggagas dan Project Officer pertama Pameran INACRAFT yang …

Leave a Reply