Pertamina Internasional EP Lestarikan Budaya Nusantara Melalui Festival Tunjukkan Indonesiamu

Sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia, Pertamina tidak hanya fokus menjalankan inti bisnis dan aktivitas operasional perusahaan semata, namun juga berupaya untuk menyeimbangkan kegiatan operasional dengan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat termasuk salah satunya mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian budaya tradisional di Indonesia, terutama kepada kalangan muda.

Salah satu Anak Perusahaan Hulu Pertamina yang beroperasi di Iuar negeri, Pertamina lnternasional EP (PIEP), memiliki misi untuk melestarikan kebudayaan nasionaI, khususnya tarian-tarian tradisional dan keraton-keraton di Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan nusantara hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, program Corporate Social Responsibility (CSR) PIEP berfokus pada aspek budaya, salah satunya adalah ”Pertamina Budaya”. Pelaksanaan program CSR ”Pertamina Budaya” diwujudkan dengan mendirikan sekolah tari tradisional gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon, yang bekerja sama dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia, pada September 2018.

Sehubungan dengan kelanjutan program tersebut dan membangun semangat kampanye budaya, PIEP kembali berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia menggelar kegiatan ”Festival Tunjukkan Indonesiamu” selama tiga hari mulai tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019 di kawasan FX Sudirman, Jakarta.



“Saya berharap kelangsungan acara ini dapat memperluas wawasan tentang kebudayaan Indonesia dan memberi manfaat yang nyata bagi kita semua,” ucap VP Commercial, SCM & ICT PIEP, Maria Rohana Nellia, mewakili Dewan Direksi PIEP. Tak hanya itu, Corporate Affairs Manager PIEP, Khairul Saleh, menambahkan bahwa budaya merupakan identitas bangsa Indonesia yang utama. “Mengapa budaya? Karena budaya merupakan daya tarik utama masyarakat internasional dalam mengenal serta belajar tentang Indonesia,” ujarnya.

Tunjukkan Indonesiamu diselenggarakan untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan sebagai wujud pelestarian budaya serta tradisi Indonesia, khususnya daIam seni tari dan musik tradisional. Selain dimeriahkan dengan berbagai penampiIan tari dan musik tradisional, acara ini juga menyuguhkan beberapa UKM produk Iokal, salah satunya adalah Kreasi Masyarakat Baduy yang merupakaan hasil binaan dari program CSR PT Pertamina Internasional EP. Acara puncak diIaksanakan pada Minggu (4/8) pagi di area Car Free Day (CFD) depan Gedung FX Sudirman yang menampilkan flashmob tari tradisional yang diikuti oIeh Iebih dari 2000 peserta. (Ichsan)

 

About Achmad Ichsan

Check Also

Perajin Tenun Manfaatkan Dana Bergulir

Pemanfaatan dana bergulir yang disalurkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *