interior with sofa. 3d illustration

Pesona Elegan Warna Merah Putih

Jakarta-Warna merah putih selalu menjadi pilihan dalam semangat dan nuansa kemerdekaan. Merah putih adalah warna bendera negara Republik Indonesia. Semarak merah putih selalu identik dengan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Selain bendera dan umbul-umbul merah putih yang berkibar di mana-mana, warna merah putih juga banyak digunakan sebagai dasar hiasan di gedung perkantoran, hotel, pagar rumah, tembok, gapura dan lain-lain. Semua serba merah putih, termasuk banyak ruang interior rumah banyak dipenuhi perabotan merah putih.

Dalam ruang interior ternyata pilihan warna merah putih tidak selalu mengikuti adanya peringatan hari kemerdekaan. Banyak yang memilih merah putih untuk interior rumah karena warna ini memiliki pesona keindahan yang membangkitkan semangat perjuangan.

Sejumlah desainer interior memberikan desain ruangan dengan warna merah putih yang penuh pesona. Warna merah merupakan salah satu warna paling berani dan mencolok dalam roda warna, oleh karena itu jarang sekali dihadirkan warna merah dalam jumlah yang besar pada satu ruangan. Yang lebih umum ditemukan adalah warna merah digunakan pada salah satu bagian atau aksesoris ruangan.

Karena warna merah mencolok, maka untuk menyeimbangkannya biasa digunakan warna netral yang berat seperti abu-abu atau hitam sebagai kombinasinya. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan komposisi warna merah dan putih pada interior rumah.

Ruang Tamu dan Keluarga

Ruang tamu dapat dirancang bergaya kontemporer dan modern dalam balutan warna merah, abu-abu, dan putih. Ada hal yang cukup menonjol dan menarik perhatian dalam ruangan ini yakni sentuhan corak garis melingkar pada dinding dan lantai. Perabotan ruang tamu dan lampu yang ada di ruangan ini akan tampak modern dan elegan dengan pilihan warna merah putih.

Menghadirkan sebuah ruang tamu yang rapi, indah dan nyaman untuk para tamu special merupakan salah satu impian tata ruang rumah minimalis. Penataan ruang tamu yang tepat sangat membutuhkan ketepatan dalam pemilihan warna dinding  maupun furniture beserta aksesoris lainnya.

Salah satu pemilihan warna yang menjadi kesukaan seperti warna netral, warna yang cenderung gelap atau warna cerah yang membuat suasana lebih akrab. Salah satu warna cerah yang cukup dianggap berani adalah warna merah. Warna merah yang terkesan menyala akan memberikan sebuah kepercayaan diri tinggi bagi para penghuni rumah.

Untuk menghadirkan sebuah ruang tamu dengan bertabur warna merah dapat dilakukan pada warna dindingnya sehingga kesan dominan lebih terasa. Jika ingin lebih dominan bisa menggunakan berbagai furniture yang berwarna merah di ruang tamu.

Dominasi warna merah pada dinding dan kursi tamu sangat memberikan kesan yang cerah dominan. Untuk sedikit menetralkan dominasi merah bisa diberikan sentuhan warna putih pada list pintu ataupun jendela. Warna dinding merah dan sofa domininasi putih dan plafon warna putih, juga menjadikan kombinasi warna ini sangat terlihat cantik, kesan cerah dan luas serta elegan dan modern sangat terasa.

Jika penghuni rumah kurang berani bereksperimen dengan dominan warna merah maka cukup menjadikan salah satu bagian dinding saja yang berwarna merah. Bisa pula ditambahkan dengan warna merah pada bantal sofa, sehingga warna merah merupakan warna kedua dan sekaligus untuk mempercantik tampilan warna dominan lainnya.

Pemilihan furniture dan karpet berwarna merah akan memberikan keleluasaan bagi penghuni untuk bisa bereksperimen tata ruang tamu yang dihendaki. Karena furniture dan karpet bisa dipindahkan atau diganti sehingga tampilan ruang tamu dengan suasana berbeda mudah didesain sesuai keinginan.

Selain ruang tamu, pilihan warna merah yang menarik dapat diterapkan di ruang keluarga. Di ruang keluarga bisa digunakan sofa berwarna merah agar terlihat menyala. Dinding sebaiknya tetap menggunakan cat warna cerah hanya saja diberi sentuhan merah pada beberapa sisi dinding di ruang keluarga.

Sementara itu, untuk ruang tidur dapat diberi sentuhan warna merah pada dinding. Untuk desain interior kamar tidur menggunakan warna merah bisa menggunakan bed cover atau sekalian satu set tempat tidur yang berwarna merah. Pilihan lainnya yakni bisa mengecat saja seluruh dinding kamar dengan cat warna merah, namun tempat tidur usahakan warna lain. Dan beberapa bagian kamar tidur usahakan pula menggunakan warna lain.

Sentuhan warna merah bisa pula dipilih untuk memberikan nuansa ruang santai dan ruang makan. Perangkat meja dan kursi makan, taplak meja, pernik peralatan makan bisa pula diberi sentuhan warna merah dan putih. Pilihan warna merah dan putih pada sebagian besar ruang rumah akan memberikan nuansa semangat keberanian dan terasa elegan.

Dapur dan Kamar Mandi

Pilihan warna merah putih bisa terus digunakan sampai dapur. Sebuah dapur minimalis modern yang dilengkapi dengan seperangkat lemari dapur berwarna merah dan abu-abu atau putih akan tampak elegan. Dinding dan lantai yang berwarna abu-abu, serta lampu berbentuk unik berwarna putih seakan mengimbangi warna merah yang kontras pada lemari, sehingga perpaduan tersebut menghasilkan suasana ruangan yang hangat dan elegan.

Sementara itu, pada pilihan dapur modern elegan juga didesain dengan balutan warna merah, abu-abu, dan putih. Warna merah pada lemari, abu-abu pada dinding, dan putih pada langit-langit membuat semuanya menjadi seimbang. Ruangan dapur jadi tampak modern, keren dan elegan.

Bagian dapur bisa dipoles dengan nuansa warna merah. Penghuni rumah tidak harus menggunakan lantai warna merah ataupun dinding dengan cat merah. Sebaiknya tetap gunakan cat warna cerah seperti putih atau krem atau abu muda. Untuk pewarnaan merah cukup pakai perabotan dapur atau kitchen set yang  berwarna merah.

Selanjutnya, selain dapur juga kamar mandi tidak rancu jika dipoles dengan warna merah. Penghuni rumah bisa memberikan sentuhan warna merah pada sebagian dinding kamar mandi dan beberapa bagian lain seperti wastafel. Pilihan warna merah bisa mengombinasikan dinding keramik dengan warna putih dan hitam. (Ahmad Jauhari)

About Achmad Ichsan

Check Also

Desain Klasik Menggunakan Interior Berbahan Kayu

Bahan kayu yang berasal dari bagian batang, cabang, atau ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *