Home / Cover Story / PIEP Bersama BBI Menampilkan 2000 Penari Tradisional di Acara Car Free Day

PIEP Bersama BBI Menampilkan 2000 Penari Tradisional di Acara Car Free Day

Tunjukkan Indonesiamu merupakan kampanye budaya yang diselenggarakan oleh Yayasan Belantara Budaya Indonesia (YBBI) di setiap tahunnya. Tahun ini, Yayasan Belantara Budaya Indonesia bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya yaitu, PT Pertamina Internasional EP dengan tema yang diangkat adalah Bhinneka Tunggal Ika, Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan PT Pertamina Intemasional EP bersama-sama menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya terutama melestarikan tari tradisional sejak tahun 2018 dengan mewujudkan sekolah tari tradisional gratis di Cirebon. Dan hingga saat ini dapat terus bersama -sama bergandengan melakukan kampanye pelestarian Budaya Indonesia yang melibatkan masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Tunjukkan Indonesiamu yang merupakan inisiatif Yayasan Belantara Budaya Indonesia. Diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud pelestarian budaya serta tradisi Indonesia khususnya dalam seni tari dan musik tradisional. Yayasan Belantara Budaya Indonesia sendiri memiliki 2158 siswa tari yang terbagi dalam 12 sekolah tari. Satu diantaranya merupakan sekolah tari tradisional gratis yang bekerjasama dengan PT Pertamina Internasional EP.

Rangkaian acara Tunjukkan Indonesiamu! terdiri dari talkshow terkait wastra Indonesia dan peragaan busana dari desainer lokal Indonesia, seperti Dhara Clothing, Kampung Mode, beserta demo make-up dari Beauty Queen by Mustika Ratu yang diselenggarakan pada 2 Agustus 2019. Selain itu, acara ini juga menampilkan UKM produk Indonesia, seperti Kreasi Masyarakat baduy, Kriti-Nays Ethnic-Nadi, Laku Clothing, Minyak Balur Kutus-kutu serta dimeriahkan oleh beragam penampilan musik dan tari tradisional.

Acara puncak akan diselenggarakan pada 4 Agustus 2019 dengan menampilkan flashmob 2000 penari tradisional, pementasan tari dan kirab penari tradisional yang bertepatan dengan car free day. Acara ini, akan dibuka secara simbolik dengan membuka payung Geulis Tasikmalaya bertuliskan INDONESIA hasil kerja sama dengan Festival Payung Indonesia dan juga menampilkan 100 penari Kabasaran Minahasa.



Peran berbagai pihak untuk turut mensukseskan acara ini sangat besar, khususnya PT Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia. PT Pertamina tidak hanya fokus menjalankan bisnis dan aktifitas perusahaan semata namun PT Pertamina melalui anak perusahaannya PT Pertamina Internasional EP yang beroperasi di Luar Negeri memiliki misi untuk melestarikan kebudayaan nasional khususnya tarian tarian tradisional dan keraton keraton di Indonesia serta memperkenalkan kekayaan nusantara hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Internasional EP berfokus pada aspek budaya yakni Pertamina Budaya yang dilandasi pada kesadaran penuh bahwa budaya sebagai identitas bangsa Indonesia.

Denie S. Tampubolon, Presiden Direktur PIEP mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus menjadi masyarakat yang mencintai kebudayaannya sendiri dan bersemangat pada persatuan dalam keberagaman. (Ichsan)

 

 

About Achmad Ichsan

Check Also

Manfaatkan Media Sosial untuk Masyarakatkan Koperasi

Humas pemerintah dari berbagai kementerian dan lembaga yang tergabung dalam Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) diajak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: