Home / Event / Primaduta Award 2019: Penghargaan atas Kinerja dan Loyalitas Buyers Produk Indonesia

Primaduta Award 2019: Penghargaan atas Kinerja dan Loyalitas Buyers Produk Indonesia

Tangerang, 16 Oktober 2019 – Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan Primaduta Award kepada 45 buyers dari 31 negara. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para buyer luar negeri yang secara kontinu dan loyal membeli produk Indonesia dalam lima tahun terakhir. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam pembukaan Trade Expo Indonesia di Indonesia Convention Exibition, Bumi Serpong Damai,Tangerang, Banten, Rabu (16/10).

“Pemberian penghargaan merupakan langkah strategis pemerintah untuk mengapresiasi buyer yang memiliki kontribusi dalam peningkatan volume perdagangan Indonesia. Diharapkan, buyer terus membina jaringan kerja sama dengan para eksportir Indonesia,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward.

Penerima penghargaan ini dibagi dalam 7 kategori, yaitu kelompok pasar utama produk industri/manufaktur diberikan kepada 7 buyer, kelompok pasar utama produk UMKM diberikan kepada 8 buyer, kelompok pasar potensial produk industri/manufaktur diberikan kepada 11 buyer,kelompok pasar potensial produk UMKM diberikan kepada 10 buyer, kelompok pasar prospektifproduk industri/ manufaktur diberikan kepada 4 buyer, kelompok pasar prospektif produk UMKMdiberikan kepada 1 buyer, dan penghargaan khusus untuk challenging market diberikan kepada 4buyer.

Penghargaan khusus untuk challenging market diberikan sebagai apresiasi khusus kepada para buyer dan juga perwakilan Indonesia di negara-negara rawan dan berbahaya. “Kategori ini diperlukan atas kontribusi dalam penggalangan kerja sama ekonomi dengan buyer di wilayah yang secara politik, ekonomi, sosial, keamanan dikategorikan rawan dan/atau berbahaya,” jelas Dody.



Tim juri Primaduta Award ini dipimpin Dody Edward selaku Dirjen PEN. Anggotanya terdiri atas para pejabat pemerintah dan profesional yang mewakili pemangku kepentingan terkait, yaitu InaHagniningtyas Krisnamurthi (Kementerian Luar Negeri), Heru Pambudi (Ditjen Bea dan Cukai

Kementerian Keuangan), Sukma Ningrum (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), BennySoetrisno (Kadin Indonesia), Fransiscus Welirang (Kadin Indonesia), Shinta Kamdani(Kadin Indonesia), Ade Sudrajat (Asosiasi Pertekstilan Indonesia), Kanya Lakshmi (Gabungan PengusahaKelapa Sawit Indonesia), Kiki Verico (Universitas Indonesia), Kemal E. Gani (MajalahSWA), DonBosco Selamun (Metro TV), dan Mohammad Bakir (Harian Kompas).

Usulan penerima Primaduta Award kali ini sebanyak 303 buyer yang diajukan oleh 61perwakilan Indonesia di luar negeri dari 52 negara. Pengusulan buyer calon peserta dilakukan melalui validasi perwakilan Indonesia di luar negeri. Kemudian datanya diverifikasi kembali oleh tim verifikasi yang terdiri dari Kemendag, Kemenkeu, serta Kemlu. Data yang telah terverifikasi disaring kembali berdasarkan konsistensi impor selama lima tahun berturut-turut dan memiliki tren serta kinerja nilai impor yang selalu meningkat.

“Dalam menghadapi persaingan pasar global yang semakin kompetitif dan agresif, kedekatan hubungan antara buyer dengan eksportir maupun perwakilan RI harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Primaduta Award diharapkan dapat mempererat hubungan kerja sama yang telah terjalin yang pada akhirnya dapat berkontribusi bagi peningkatan perdagangan danperekonomian nasional,” pungkas Dody. ( Iko Muhyidin )

About Icho

Check Also

Hellowork, Helo Job… Helo Experience…

Perubahan gaya kerja kalangan milenial untuk mendapatkan pangalaman dan mengasah Kemampuan sebelum terjun dalam dunia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: