Produk Kerajinan Tembaga Cepogo Tembus Pasar Ekspor

Lebih dari 50 persen produk kerajinan tembaga Cepogo telah diekspor ke manca negara. Produk kerajinan yang membanggakan dari Boyolali ini, harus terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitas serta desain produknya sehingga makin berdaya saing di tingkat global.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai, produk kerajinan logam di sentra industri kecil dan menengah (IKM) di Dusun Tumang, Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memiliki kualitas sangat baik dan telah mampu menembus pasar ekspor. Lebih dari 50 persen produk kerajinan tembaga dan kuningan dari Boyolali ini telah diekspor ke manca negara.

Menurut Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih, sebanyak 53 persen produk kerajinan tembaga dan kuningan dari Cepogo, Boyolali ini diekspor ke Perancis, Australia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Selebihnya dijual ke pasar lokal seperti ke Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang.

Gati Wibawaningsih menegaskan, produk kerajinan tembaga dan kuningan Cepogo akan terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitas serta desain produknya sehingga makin berdaya saing di tingkat global.



Produk kerajinan tembaga dan kuningan Cepogo antara lain berupa lampu hias, hiasan dinding, kaligrafi, meja, kubah, wastafel, bathtub, patung dan lain-lain. Jumlah IKM di sentra IKM Tumang, Cepogo, Boyolali sebanyak 640 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 2.344 orang. Setiap IKM rata-rata memperkerjakan empat sampai 10 orang, namun ada yang hingga 40 orang. Gati Wibawaningsih berkomitmen akan terus menumbuhkan wirausaha baru melalui fasilitasi pemberian bantuan peralatan dan pelatihan.

Sentra Kerajinan Tembaga
Dusun Tumang, Cepogo, Boyolali memang terkenal dengan kerajinan logam sejak dahulu. Kerajinan logam yang sangat populer di masyarakat adalah kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan. Kerajinan tembaga Cepogo terkenal dengan kualitasnya yang terbaik.

Aneka produk kerajinan tembaga dan kuningan dari Tumang, Cepogo, Boyolali antara lain berupa: kerajinan meja, kaligrafi, bowl, guci, vas bunga, kerajinan air mancur, kubah masjid, logo, lampu robyong (lampu gantung), lampu stand, lampu dinding, bathtub, patung hewan abstrak, patung setengah badan, handle pintu, wastafel, ukiran relief, dan lain-lain. Para produsen kerajinan logam Cepogo dapat memproduksi kerajinan logam secara customize sesuai dengan keinginan dari pelanggan.

Para produsen kerajinan tembaga dan kuningan Cepogo pada umumnya merupakan perajin yang turun temurun. Mereka sanggup menerima berbagai proyek kerajinan logam secara perseorangan, instansi swasta, dan juga instansi pemerintahan. Mereka tidak hanya menerima pesanan kerajinan logam secara customize, namun juga menjual kerajinan tembaga dan kuningan yang ready stock. Mereka selalu siap untuk memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan dengan mengutamakan kualitas produk. (Ahmad Jauhari)

About eddy Purwanto

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: