Sosialisasikan Inacraft, ASEPHI Kerja Sama dengan Dekranasda Sumut

Badan Pengurus Pusat Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Indonesia (BPP ASEPHI) dan BPD ASEPHI Sumut bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan acara Sosialisasi Inacraft On October 2022 dan Inacraft 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi terkait berbagai hal yang akan dilaksanakan dalam ajang Inacraft on October 2022 dan Inacraft 2023 mendatang. Sehingga peserta yang sudah mendaftar dan yang akan ikut menjadi peserta dapat mempersiapkan segala sesuatunya hingga berkonsultasi dengan pihak Mediatama yang menjadi organizernya,” jelas Ketua Umum BPP ASEPHI Muchsin Ridjan didampingi Wakil Ketua 1 Hatman, Salamun dan Isnanto dari Mediatama, dalam keterangan tertulisnya.

Dikemukakannya, pihaknya telah melakukan sosialisasi pada 3/4 Indonesia. Ini adalah babak baru bagi ASEPHI. 22 tahun pameran Inacraft sejak tahun 1999 di Bidakara Jakarta dan ke-2 di Balai Sidang/JCC sampai sekarang. Dan sesuai hasil Rakernas 2022, maka ASEPHI akan melaksanakan Inacraft dua kali setahun yaitu Inacraft on October pada bulan Oktober dan Inacraft pada bulan April. Tetapi khusus tahun depan, karena tepat bulan puasa maka akan dilaksanakan bulan Maret 2023.

Tahun lalu, merupakan penyelenggaraan tersukses pasca pandemi. Pihaknya akan membangkitkan kembali melalui offline dan online, untuk mengikuti perkembangan jaman.



“ASEPHI dari rakyat kecil menengah ke atas akan terus maju apalagi terjalin kerja sama yang baik dengan Dekranasda Sumut dan dukungan Pemprovsu. Kita harapkan ASEPHI Sumut juga semakin maju. Terima kasih kepada Gubernur Sumut. Asosiasi juga akan memfasilitasi anggota UKM dan masyarakat pengusaha untuk bisa berkembang, baik pribadi dan usahanya,” tegas Muchsin.

Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Rajekshah mewakili Ketua Nawal Lubis menyatakan kegembiraannya atas terlaksananya dengan lancar Inacraft sebelumnya.

“Terima kasih kepada pimpinan OPD dan diharapkan dapat memfasilitasi UKM kita untuk Inacraft berikutnya. Produk akan ditampilkan pula pada stand Dekranasda Sumut. Hal sama juga kami harapkan kerjasama dari Dekranasda Kabupaten/Kota untuk melahirkan produk-produk yang mengikuti tren. Semoga kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkas Sri Ayu yang membuka secara resmi acara sosialisasi Inacraft tersebut.

Ketua BPD ASEPHI Sumut, Fatimah Habibi dalam sambutannya menyatakan pameran Inacraft dirasakan para pengrajin telah menunjang sektor ekonomi dengan berbagai produk kerajinan dan fashion show melalui produk dengan kearifan lokal. “Senoga ke depan, ASEPHI Sumut dapat lebih mengembangkan produknya dan dengan didukung Dekranasda Sumut dan Pemprovsu dapat semakin maju,” ujar Hj Fatimah Habibi didampingi Wakil Ketua Erna, Sekretaris Hj Vita Lestari Nasution, Ketua Bidang Publikasi Saurma MGP Siahaan dan pengurus lainnya Darwiah, Theresia Bakkara, Dina dan lainnya.

Hadir pula peserta dari berbagai Kabupaten/Kota serta perwakilan dari ASEPHI daerah lainnya mengikuti kegiatan tersebut melalui zoom. Isnanto dari Mediatama secara gamblang menyampaikan berbagai hal terkait Inacraft. (Iksan)

Check Also

Sandiaga Uno Dorong Komunitas Kreatif Danau Toba Kembangkan Produk Ekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong …

LPDB-KUMKM Adakan Media Gathering

Pada acara Media Gathering,  Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan …

Leave a Reply