Surga Alam di Pemalang

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomis Kabupaten Pemalang terletak antara 1090 17′ 30″ – 1090 40′ 30″ BT dan 80 52′ 30″ – 70 20′ 11″ LS.

Topograf alamnya yang berupa dataran pantai, dataran rendah, dataran tinggi serta daerah pegunungan menjadikan tanah di Kabupaten Pemalang memiliki tanah yang subur dengan panorama yang asri dan sangat tepat untuk berwisata maupun melakukan kegiatan-kegiatan pecinta alam.

Kabupaten Pemalang memiliki sejumlah obyek wisata yang sangat bagus untuk dikembangkan. Beberapa jenis obyek wisata yang dimiliki terdiri dari obyek pegunungan, pantai, air terjun, maupun obyek wisata buatan.

Obyek wisata di Kabupaten Pemalang seperti, Pantai Widuri, Widuri Waterpark, Pantai Blendung, Pantai Joko Tingkir, Gunung Gajah, Goa Gunung Wangi, Curug Sibedil, Curung Barong, Bukit Mendelem, Telaga Rengganis, Telaga Silating, Kolam Renang Banyumudal Moga, Mata Air Cepaka Wulung, Air Terjun Sipendok, Air Terjun Bengkawah, Air Terjun Lawang dan juga Agropolitan Waliksarimadu.

Bupati Kabupaten Pemalang, Dr. H Junaedi SH. MM, mengatakan, taman wisata alam yang terdapat di kabupaten Pemalang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona bagi para wisatawan.

Junaedi menambahkan, Pantai Joko Tingkir memiliki pemandangan air laut yang biru, dan terdapat pohon cemara di sepanjang pantai yang siap memanjakan mata.” Ada pula Pantai Widuri yang dilengkapi dengan wahana air bernama Widuri Water Park yang cocok untuk anak-anak,” ujarnya.



Selain itu, lanjutnya, Pemalang memiliki keindahan alam yang mampu membius para wisatawan untuk terus berkunjung ke Kabupaten Pemalang karena pesona alamnya seperti, Gunung Gajah di desa Gongseng Kecamatan Randudongkal, wisata Curug di desa Sima, Kecamatan Moga, Taman Langit Pulosari berlokasi di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, yang lokasinya sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Pemalang. Masih banyak lagi jejak surga yang bisa di telusuri di alam Kabupaten Pemalang seperti Goa Gunung Wangi, Curug Sibedil, Curung Barong, Bukit Mendelem, Telaga Silating, Air Terjun Sipendok, Air Terjun Bengkawah, Air Terjun Lawang dan juga Agropolitan Waliksarimadu.

 

Kabupaten Pemalang memiliki posisi yang strategis, baik dari sisi perdagangan maupun pemerintahan. Dan menyimpan potensi sumber daya alam dengan panorama keindahan alam yang memikat serta sumber daya manusia yang sangat besar, sehingga menjadikan Kabupaten Pemalang laksana permata yang terpendam yang siap untuk digali.

Beragam Produk Kerajinan, ada di daerah tersebut. Seperti kerajinan gerabah, sapu glagah, kerajinan kulit ular juga telah mampu menembus pasaran ekspor ke singapura dan Malaysia. Beragam produk unggulan seperti Sentra tenun ATBM, konveksi, kerajinan kulit ular, dan sapu glagah, dan masih banyak potensi yang bisa di gali di bumi Pemalang tersebut.

Di Kabupaten Pemalang juga ada industri kecil pakaian jadi atau konveksi milik investor dari Jepang yang mendirikan pabrik garment untuk memenuhi kebutuhan ekspor tekstil Indonesia. Hasil industri tesktil dan tenun tersebut, meliputi sarung tenun, sarung palekat, kaos kaki dan goyor.

Selain itu pula, Kabupaten Pemalang mempunyai keragaman seni budaya yang masih di lestarikan diantaranya sintren, dan kuntulan. Untuk kulinernya, Pemalang mempunyai beberapa makanan khas seperti Grombyang, sate Loso, Lontong Dekem, Tahu Campur, Apem comal, dan khamir arab.

About Auliya Mustar

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: