Taman Mini Dalam Aquarium
Taman Mini Dalam Aquarium

Taman Mini Dalam Aquarium

Trend membuat kerajinan minatur taman bunga di dalam aquarium, bahan-bahannya tidak mahal tapi seperti lukisan bila ditata dengan ciamik selain mengasyikan juga memiliki cita rasa tersendiri.

Taman Mini Dalam Aquarium – Bisa dipastikan mayoritas peminat kerajinan nasional, pernah melihat atau setidaknya mengetahui kerajinan yang dijuluki Terrarium. Hiasan yang berupa taman dalam toples / kotak / aquarium yang indah. Selain kagum akan keindahannya, banyak orang juga takjub cara pembuatannya – tidak mudah tehnik menanam tumbuhan di dalam wadah kaca butuh keahlian tersendiri.

Kebun dalam quarium ini sudah ada sejak lama di mancanegara, tapi belum terlalu populer di Indonesia. Ditemukan pertama kali pada 1827 oleh seorang ilmuwan asal London, Nathaniel Bagsaw Ward. Saat itu Dr. Ward tidak sengaja menemukan tanaman pakis yang tumbuh dengan baik di dalam toples kaca.

Ini sangat cocok untuk Anda pecinta tanaman karena pot bunga jenis ini bisa diletakkan di manapun sebagai pemanis ruangan. Teknik menanam dalam wadah kaca juga memudahkan proses membawa suatu tanaman ke tempat lain yang jaraknya sangat jauh (dan ditempuh dalam waktu lama).

Sayangnya, di Indonesia belum banyak orang yang menjual aksesoris tersebut, sehingga Anda tidak bisa menemukannya dengan mudah. Tapi, tenang. Terrarium cukup sederhana dan bisa dibuat sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah alat-alat sederhana dan ketelatenan. Berikut ini langkah-langkah mudah untuk membuat sendiri terrarium sederhana di rumah.

Siapkan bahan dan alat berikut ini :
-Wadah dari kaca, bisa berupa toples, aquarium, atau mangkuk ikan
-Tanah subur (bisa dibeli di penjual tanaman)
-Pecahan arang atau bata
-Tanaman yang akan ditanam, sesuai dengan ukuran wadah (sukulen, sedum, lumut, fitonia, pakis, dan beberapa tanaman lainnya yang bisa dimasukkan dalam wadah)
-Air
-Batu warna-warni

Langkah-langkah membuat terrarium :
-Rendam arang atau pecahan bata dalam air selama beberapa menit.
-Letakkan arang atau pecahan bata ke dalam wadah.
-Masukkan tanah sampai setengah bagian wadah.
-Tanam ke dalam wadah. Gunakan jari untuk mengatur supaya pangkalnya bisa masuk dalam tanah. Tahap ini bisa dikatakan sebagai bagian tersulit karena Anda harus menata tanaman secantik mungkin. Tahap inilah yang menentukan indah-tidaknya suatu terrarium.
-Letakkan batu warna-warni untuk memperindah.
-Berikan air secara berkala sesuai kebutuhan tanaman.

Terrarium merupakan perpaduan sains dan estetika yang mampu menyegarkan suasana. Untuk membuat kebun miniatur yang cantik, sebaiknya Anda memilih 2—5 jenis tanaman berbeda.

Membuat tampilan layer antara tanah dengan arang dan bata dalam juga akan menambah keindahan. Terrarium bisa diletakkan di berbagai ruangan, mulai dari ruang tamu, kamar, teras, sampai kamar mandi. Peletakkannya pun bervariasi. Bisa diletakkan di atas meja, di rak ataupun digantung.

Untuk mempercantik tampilannya, lapisan tanah dan bebatuan pun bisa berwarna-warni. Jika menginginkan variasi media tanam dan tanaman, bisa lihat gambar-gambar di buku khusus tentang Terrarium. (Adyan Soeseno)

About eddy Purwanto

Check Also

Kerajinan Serpihan Kaca Bernilai Tinggi

Serpihan kaca biasanya dihindari orang karena tajam. Namun di tangan kreatif perajin, limbah kaca dijadikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: