Tas Rotan Bali Buatan Tangan

Produk kerajinan asal Bali ini sangat kental dengan nuansa natural buatan tangan, karena pembuatannya dikerjakan dengan teknik anyaman. Selain unik dan artistik, tas rotan ini juga ramah lingkungan dan tahan cuaca. Bentuknya tak hanya bulat, ada pula yang tabung, setengah lingkaran, dan kotak.



Banyaknya peminat membuat harga tas ini menjadi cukup tinggi, apalagi untuk ukuran sling bag atau tas selempang wanita. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan.

Alat dan bahan:

  1. Siapkan 2 potong tatakan piring rotan bulat atau taplak rotan bulat dengan diameter 7 inci.
  2. Siapkan ½ meter anyaman rami atau goni (jute webbing) dengan lebar 3 ½ inci.
  3. Siapkan 4 meter tali rami yang sudah dianyam dengan ketebalan ¼ inci (jute cording).
  4. Gunting
  5. Pita ukur
  6. Lem tembak
  7. Liquid seam sealant atau seam sealer cair (untuk penutup jahitan pada bahan waterproof).
  8. Siapkan ½ meter kulit imitasi dengan lebar 52 inci.
  9. Jarum dan benang

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Ukur anyaman rami agar tahu berapa banyak yang dibutuhkan.

Lilitkan anyaman rami dengan tegak di sekitar sisi luar tatakan rotan bulat, dan ukur banyaknya anyaman rami yang diperlukan sebagai penutup ¾ bagian dari diameter tatakan rotan bulat. Sisakan ¼ bagian untuk bukaan tas.

  1. Setelah ukuran didapat dan banyaknya anyaman rami yang dibutuhkan sudah dipastikan, potonglah anyaman rami tersebut sesuai ukuran.
  2. Potong tali rami, kemudian tempelkan pada anyaman.

Potonglah tali rami yang sudah dianyam dengan ketebalan ¼ inci menjadi untaian-untaian yang sama panjang dengan anyaman rami. Kemudian, rekatkan tali rami di atas anyaman dengan lem. Pastikan untuk menekan tali rami dengan kuat saat proses pengeleman. Hindari terlalu banyak memberikan lem sehingga lem tidak meluap keluar di antara untaian. Jangan merekatkan untaian tali rami di tepi luar anyaman. Sisihkan bagian kosong ¼ di tepi inci pada kedua sisi anyaman rami.

  1. Rapikan serabut pada setiap ujung anyaman, lalu lapisi dengan seam sealer

Potonglah serabut pada setiap ujung anyaman. Kemudian lapisi setiap ujung tali rami dengan seam sealer cair untuk mencegah anyaman berserabut atau berumbai. Diamkan sampai seam sealer mengering.

  1. Tempelkan anyaman rami pada tatakan rotan bulat.

Posisikan anyaman tegak di atas salah satu tatakan rotan bulat. Lalu tempelkan ¼ inci tepian anyaman rami di sepanjang sisi tatakan rotan dengan lem kain tembak, dan tekanlah di sekitar tepi luar tatakan rotan.

  1. Jahit anyaman rami pada tatakan rotan bulat.

Siapkan benang dengan warna yang senada seperti tatakan rotan, lalu jahitlah tangan anyaman rami ke tatakan rotan bulat. Langkah ini diperlukan agar anyaman rami dan rotan menempel lebih kuat.

  1. Tempelkan tatakan rotan kedua untuk sisi tas yang lainnya.
  2. Potong kulit imitasi yang akan digunakan sebagai bahan tali tas, potonglah setrip kulit imitasi menjadi 1×52 inci.
  3. Lipat dan rekatkan kulit imitasi.

Lipat kulis imitasi menjadi dua dan rekatkan dengan lem panas agar kulit menempel seperti pada gambar. Rapikan semua kerutan saat merekatkan, dan tekan kuat sepanjang garis lipatan untuk menciptakan tali tas yang bagus dan lurus.

  1. Rekatkan ujung tali pada setiap sisi tas sekitar satu inci ke bawah dari lubang tas.
  2. Jahit tali ke tas agar tali menempel dengan kuat.
  3. Tas rotan bulat kekinian siap dipadupandankan dengan outfit yang Anda kenakan.

Tas ini dapat dikenakan di setiap acara serta cocok dipadupadankan dengan outfit apa pun, karena tas rotan ini terlihat sederhana, elegan, dan indah.

About Achmad Ichsan

Check Also

Target 750 Startup Digital Tumbuh di Indonesia

Pemerintah menargetkan bisa menumbuhkan 750 wirausaha baru berbasis teknologi informasi, atau startup digital setiap tahun. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: