7124582 - 3d interior bedrooms with bed and a window to the street

Tren Warna dan Wallpaper Pilihan

Warna cat sangat menentukan nuansa keceriaan interior ruang hunian. Demikian juga wallpaper unik dan menawan yang akan menjadi tren pilihan untuk mempercantik interior ruang hunian Anda pada 2018.

Rumah impian bisa diwujudkan melalui pilihan warna yang cerah dan ceria, serta pilihan wallpaper yang unik untuk mempercantik interior ruangan. Impian tersebut bisa diwujudkan pada 2018 mendatang dengan pilihan warna cat dan wallpaper yang diperkirakan bakal menjadi tren sepanjang tahun.

Rumah impian pada 2018 diperkirakan merupakan rumah pintar yang dilengkapi dengan home appliances dan bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, lampu otomatis yang diatur agar menyala perlahan untuk memastikan penghuni rumah bangun pada waktu yang ditentukan. Kemudian, peralatan dapur yang saling terhubung dan bisa diatur melalui smartphone.

Dapur merupakan bagian ruang hunian yang sangat penting sehingga menjadi perhatian tersendiri dalam tren rumah impian Anda. Dapur yang elegan menjadi pilihan melalui polesan warna hitam. Tak hanya pada rak dan meja, tetapi juga pilihan warna hitam metalik pada wastafel. Marmer sebagai penutup meja juga menjadi pilihan untuk dihadirkan. Namun, marmer yang digunakan ialah marmer dengan warna gelap dan tipis untuk memberi kesan trendi dan modern pada dapur.

Tren yang sangat kuat dalam menentukan nuansa interior ialah pilihan warna cat dinding ruangan. Tren warna interior akan didominasi oleh warna terang dengan kilauan yang lembut. Beberapa warna yang diprediksi akan mendominasi interior ialah warna alam, seperti biru telur asin, ungu berry, kuning dan hijau limau, cokelat muda almond, warna tanah, warna metalik, gemstone, dan emas.

Selain pilihan warna, nuansa interior juga ditentukan oleh pilihan wallpaper yang unik untuk mempercantik ruangan. Elle Décor menyebutkan, ada tiga motif wallpaper yang akan menjadi tren di 2018. Pertama, Pattern Clash ialah wallpaper yang menggabungkan beragam pola dan warna dengan kontras dalam satu wallpaper. Kedua, Geometrics ialah wallpaper dengan pola persegi empat dan persegi banyak. Ketiga, Art Forms ialah wallpaper yang dijadikan media cetakan lukisan sehingga dinding rumah menjadi seperti kanvas lukisan raksasa.

Tren Warna Interior
Setiap tahun, ada perubahan tren warna yang diperkirakan akan menjadi pilihan yang digemari banyak orang. Ada beberapa warna untuk interior yang akan muncul dan menjadi tren pada 2018. Banyak pilihan warna yang sudah familiar bisa diterapkan. Namun seiring perkembangan zaman, beberapa warna juga mengalami peningkatan atau bahkan muncul sejumlah warna baru.

Sejumlah laman konsultan interior memperkirakan warna gelap akan banyak digunakan pada dekorasi ruangan, termasuk pada seluruh furnitur di dalamnya, seperti bangku, meja, lampu diri, dan rak. Berikut beberapa warna untuk ruangan yang diperkirakan akan menjadi tren pada 2018.

Pertama, warna gelap. Warna gelap diperkirakan akan banyak digunakan pada dekorasi ruangan. Tidak hanya pada dekorasi ruangan, tetapi juga pada seluruh furnitur di dalamnya, seperti bangku, meja, lampu diri, dan rak. Beberapa warna dapat ditambahkan pada aksesori ruangan yang membuat ruangan tersebut tampak lebih cantik dan menawan.

Kedua, warna minimalis pastel. Selain warna minimalis hitam dan putih, pada 2018 diperkirakan akan hadir warna minimalis lain, seperti hijau muda dan merah muda. Kedua warna tersebut akan hadir untuk mempercantik ruang hunian.

Ketiga, warna pink. Bagi pencinta warna pink, 2018 ialah tahun yang dinanti-nanti karena pada tahun tersebut beragam warna pink akan mendominasi warna dekorasi interior hunian, mulai dari warna cat dinding hingga seluruh furnitur yang ada.

Keempat, warna biru. Warna biru melambangkan ketenangan yang dinanti. Bagi yang menyukai suasana tenang untuk berelaksasi, warna biru dapat menjadi pilihan untuk menambah suasana tenang pada ruangan hunian.

Kelima, warna kuning dan hijau. Salah satu warna yang dapat menjadi pilihan bagi mereka yang periang dan energik ialah warna kuning dan hijau lemon. Warna ini akan membuat mereka tidak berhenti tersenyum sembari mengingatkan kenangan masa lalu yang sangat menyenangkan.

Dekorasi rumah hunian dapat diwarnai dengan warna menarik dan cerah. Pada 2018, Anda bisa memilih warna kuning dan hijau cerah lemon untuk digunakan sebagai warna kamar anak tersayang atau bahkan untuk ruang kerja agar Anda lebih semangat bekerja.

Memilih Warna
Pilihan warna sangat penting disesuaikan dengan selera dan kegunaannya. Memadukan beberapa warna pada dinding hunian merupakan seni tersendiri, sehingga ruangan yang sempit bisa terlihat luas dan rapi serta enak dipandang mata.

Perlu disadari bahwa warna memiliki peran yang cukup penting dalam memberi kesan pada hunian. Jika salah menerapkan warna, rumah yang luas akan terlihat sumpek. Begitu juga sebaliknya; apabila pandai memainkan warna, ruang yang sempit bisa terlihat luas. Kesan yang diberikan bisa berubah sedemikian rupa hanya karena kesalahan dalam menerapkan warna cat rumah.



Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kita tidak salah dalam memilih warna. Pertama, hal yang harus diperhatikan sebelum mengecat rumah ialah kualitas cat dan pilihan warna yang disajikan. Jangan sampai hanya karena harga yang murah, lalu Anda tergiur untuk membeli tanpa mencari tahu kualitasnya terlebih dulu.

Untuk mengetahui kualitas cat, Anda tidak perlu mencoba cat tersebut terlebih dulu. Cukup bertanya kepada orang yang pernah menggunakan merek cat tersebut, Anda akan mengetahui kualitasnya. Perhatikan apakah rumah yang dicat dengan cat merek tersebut tahan lama dan menghasilkan warna yang indah.

Kedua, sebelum mengecat, jangan lupa bersihkan tembok dari debu dan tutup retakan pada dinding agar hasilnya bisa maksimal.

Ketiga, dalam pemilihan warna, perlu diperhatikan furnitur yang ada di rumah. Sesuaikan warna cat yang dipilih dengan furnitur. Jangan sampai warna tersebut bertabrakan terlalu jauh karena akan menimbulkan kesan ruang yang berantakan.

Keempat, Anda perlu mengetahui jenis warna terlebih dulu agar bisa menentukan warna secara tepat. Warna terdiri dari tiga macam, yaitu warna primer, sekunder, dan tersier. Terdapat beberapa trik agar perpaduan warna dari ketiga jenis warna tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Ada beberapa perpaduan warna yang bisa menjadi rujukan jika ingin membuat hunian sempit menjadi terlihat luas dan rapi. Namun, sebelumnya perlu dilihat roda warna untuk mengetahui pilihan warna yang cocok dan bisa dipadu-padankan dengan serasi.

Saat ini, ada empat warna cat rumah minimalis yang sedang tren di Indonesia. Pertama, warna analog ialah warna yang mirip, berdekatan, senada, dan akan terlihat serasi bila digunakan secara bersamaan; misalnya perpaduan kuning hijau atau kuning oranye serta perpaduan ungu dan pink.

Kedua, warna pastel ialah warna cerah, misalnya warna merah muda, kuning muda, biru muda, oranye muda, hijau muda, dan ungu muda. Tidak ada keharusan untuk menggunakan satu jenis warna pastel. Namun, akan lebih baik jika mengombinasikan dua warna; misalnya biru muda dengan kuning muda, atau kuning muda dengan merah muda. Warna cerah dapat memberi kesan luas pada ruangan yang sempit.

Ketiga, warna harmonis ialah warna yang didapat dengan memadukan warna primer dengan turunannya, misalnya biru dengan biru muda dan hijau tua dengan hijau muda. Warna ini dapat meningkatkan mood.

Keempat, gradasi warna ialah perubahan dari suatu warna ke warna lain secara bertahap dan tidak ada sekat yang jelas. Gradasi warna dapat diterapkan baik di plafon rumah maupun di dinding. Dalam membuat gradasi warna, hendaknya tidak digunakan warna yang berbeda lebih dari dua warna dalam satu ruangan.

Dekorasi Wallpaper Cantik
Salah satu elemen pendukung yang membuat interior rumah terlihat cantik ialah kertas dinding atau biasa disebut wallpaper. Pemilihan motif dan warna wallpaper yang tepat dapat menghidupkan nuansa di dalam rumah. Motif wallpaper sebisa mungkin disesuaikan dengan desain rumah, agar tampilan interior terlihat cantik dan selaras.

Untuk desain rumah yang ceria dan didominasi oleh warna cerah, pilih wallpaper motif stripes atau colourful yang akan menghidupkan nuansa ruangan. Namun, untuk rumah dengan nuansa natural, pilih wallpaper dengan tema pastel atau cokelat untuk menambah kesan kalem pada rumah.

Selanjutnya, rumah minimalis dapat tampil lebih cantik dengan pilihan wallpaper yang tepat. Untuk desain rumah minimalis, hindari pemakaian motif ukuran besar karena akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Sebaiknya, pilih perpaduan warna natural dan monokrom, seperti putih, hitam, dan cokelat. Jika dipadukan dengan furnitur bergaya klasik, warna tersebut akan memberikan konsep rumah minimalis yang futuristis.

Untuk interior rumah yang didominasi oleh furnitur kayu, akan lebih terasa klasik dan elegan jika didukung oleh wallpaper bermotif warna gelap, misalnya cokelat tua dan abu-abu. Warna gelap akan memberikan aura hangat dan lembut di dalam ruangan. Pemilihan konsep ini cocok diaplikasikan di kamar tidur dan ruang keluarga.

Memadukan dua warna untuk konsep wallpaper dapat diterapkan sejauh masih cocok dan enak dipandang. Namun, perlu diingat bahwa perpaduan tidak dilakukan untuk lebih dari dua warna karena akan membuat rumah terlihat semakin ramai.

Desain wallpaper yang unik dan terbaru bisa diterapkan untuk memberikan efek yang dramatis pada ruangan. Inilah kelebihan wallpaper di dinding jika dibandingkan dengan material pelapis dinding yang lainnya, seperti cat, panelan kayu, anyaman bambu, dan sebagainya.

Banyak desain wallpaper yang bisa diaplikasikan dalam sebuah ruangan, di antaranya motif geometris bahkan motif yang abstrak. Motif-motif wallpaper bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera serta disesuaikan dengan konsep ruangan. (Ahmad Jauhari)

About eddy Purwanto

Check Also

Dibutuhkan Dorongan ASEPHI untuk Kerajinan Sumatera Barat

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu mendorong kemunculan produk lokal Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: