Trooper Costum, Hadirkan Sentuhan Craft di Jalanan

Inovasi, layaknya sebuah mantra yang terus diucapkan para pelaku usaha, khususnya UMKM dalam menanggapi perubahan zaman dan perilaku konsumen. Siapa sangka, produk helm lokal yang digawangi anak-anak muda dari Jawa Tengah itu sudah menjangkau pasar nasional, dikenal luas dan digemari beberapa kalangan public figure, pejabat, kementerian, sampai Presiden Joko Widodo.

Seperti halnya Steve Jobs dengan Apple-nya, Trooper Costum pada mulanya didirikan di sebuah garasi kecil di Jawa Tengah. Sejak 2015 perusahaan lokal yang memproduksi helm costumize ini sudah dikenal masyarakat berkat inovasinya memadukan unsur craft dengan corak vintage dan retro.

Menciptakan produk yang sesuai keahlian dan kreatifitas, menjadi alasan Trooper Costum hadir guna memproduksi helm yang dapat digunakan untuk berkendara sekaligus tampil stylish dan sesuai dengan karakter para konsumennya.

“Awalnya kami berpikir ingin membangun sebuah brand helm yang stylish, modern, dan cocok sesuai karakter kalangan muda tanpa mengesampingkan kenyamanan dan keamanan pemakainya,” ujar Kito Valentino, Director of Trooper Costum.

Mengusung tagline mengubah ‘Passion’ menjadi ‘Lifestyle’, Kito mengungkapkan ide awalnya mendirikan helm costum ini berawal dari kecintaannya terhadap dunia auto racing, custom motorcycle dan bicycle culture. Trooper awalnya menargetkan pangsa pasar anak muda atau kamu milenial guna memenuhi kebutuhan mereka akan helm dengan sentuhan vintage yang dapat disesuaikan dengan personalisasi para pelanggannya.



Sejak berdirinya, Trooper Custom Helmet telah menghasilkan beberapa jenis helm antara lain, Helm MyDen, X9, Hawkey, Rooster, Quacker, dan Chunky. Pertumbuhan yang terbilang pesat ini diakui Kito cukup menggembirakan. Senada dengan itu Chief Creative Relations Trooper, Ai Syarif mengatakan pertumbuhan Trooper dari industri rumahan hingga memiliki puluhan karyawan dan staf seperti saat ini tak lepas dari kemampuan berkreasi timnya, serta strategi kolaborasi dengan beberapa seniman di Indonesia terutama seniman dari Jogjakarta.

Namun begitu, di masa pandemi ini sangat berdampak, daya beli masyarakat dan gaya hidup kebanyakan beralih ke sektor kesehatan. Oleh sebab itu troopercustom di tuntut juga untuk terus berinovasi.

“Di masa pademi selama hampir dua tahun ini kami membuat beberapa produk helm sepeda, keperluan penunjang selama dirumah misalnya kursi lipat, mug, tumbler, apparel, aksesoris yang sesuai dengan karakter troopercustom,” kata Ai Syarif.

Meski terhambat, Ai menambahkan, Trooper sudah melebarkan jangkauan distribusi online di beberapa marketplace dengan variasi produk Apparel dan aksesoris bekendara yang sedang digandrungi pasar.

Menurut Ai, kekuatan brandnya terletak pada personality dan costumer minded. “Selalu membuat konten atau branding yang menarik dan related dengan kostumer kami. Selain itu kami berupaya terus menerima masukkan dari para pencinta berkendara motor dan sepeda. Dan terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan Kami,” terangnya.

Hingga kini, produk-produk tersebut sudah dipakai oleh banyak orang terkenal, dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina, sampai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno yang memang berasal dari kalangan muda. (RR)

About eddy Purwanto

Check Also

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, Kesiapan Indonesia Sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Kekuatan fesyen muslim Indonesia yang pertama adalah terletak pada keanekaragaman desainnya yang kaya akan ciri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *